Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Trik Mudah Belajar Fisika

Trik Mudah Belajar Fisika

10
BERBAGI
Suwarti,S.Pd Smk Muhammadiyah 2 Sragen
Suwarti,S.Pd Smk Muhammadiyah 2 Sragen

JATENGPOS.CO.ID, – Belajar Fisika atau “Susah banget sih pelajaran fisika” atau “Gimana sih biar bisangerti  Fisika?” Ketika kita mendengar kata  fisika satu hal yang terlintas  langsung  terlintas di pikiran yaitu susah. Tapi kenyataannya itu hanyalah proyeksi dan adaptasi dari otak kita karena kita selalu beranggapan  bahwa fisika itu rumit, sulit, dan membuat otak kita melilit.   Jangan pernah menganggap fisika itu sulit, tetapi tidak apa –apa kita anggap fisika itu tidak terlalu mudah. Katakanlah, “Soal ini memang tidak mudah. Tapi insya Allah kita bisa.”

Tips bagaimanam fisika yang ‘sulit dan menakutkan menjadi kelihatan mudah diingat, kelihatan. Bukan aslinya, karena ukuran mudah di sini adalah ukuran mudah untuk orang umum. Bukan mudah untuk orang per orang. Tips ini hanya berkaitan dengan yang bersifat teknis, sedangkan untuk psikisnya itu berbeda. Untuk itu, perlu dilakukan langkah berikut.

Pertama pahami terlebih dahulu pokok bahasan atau materi yang akan dipelajari
Artinya, pahami terlebih dahulu, apa sih yang akan dipelajari? Apa gunanya? Ada tidak relevansinya dengan kehidupan kita? Jika itu belum terjawab, tanyakan terlebih dahulu kepada guru, karena bisa jadi ada yang terlupa disampaikan. Atau bisa juga mencari informasi dari buku-buku atau bacaan lain.

Kedua hubungkan materi yang akan dipelajari dengan materi pendukungnya yang sudah diketahui. Terkadang beberapa guru (lagi-lagi guru), sering lupa menghubungkan materi yang baru               dengan materi yang lama. Padahal keduanya  ada berhubungan cukup erat. Seolah-olah materi yang akan dipelajari init erlepas dari materi yang sudah-sudah. Jadi, jika ada materi baru, tanyakan kepada guru,

Ketiga jangan menghafal rumus, tapi pahami dari mana rumus itu berasal (konsepnya). Pahami dahulu alur rumus dari konsep awal sampai menjadir umus akhir. Tujuannya supaya kita mengerti dari mana rumus-rumus itu berasal. Sejak konsep yang mendasarinya sampai menjadi rumus akhir. Kecuali beberapa rumus yang sudah merupakan definisi dan rumus ini biasanya sangat sederhana. Setelah kita mengerti rumus tersebut, ada lahhal yang sangat mudah untuk menghapal rumus tersebut.  Sebenarnya  keindahan fisika seterletak pada konsep, yang selama ini sering ditelantarkan. Dengan memahami konsep secara baik  dan benar, rumus-rumus yang  sulit dengan sendirinya akan dipahami dengan mudah.

Tahap keempat latihlah pemahaman dengan mengerjakan soal, dan mulailah dari soal yang paling mudah Ketika menghadapi musuh, kita perlu yang namanya keberanian. Bagi yang penakut, maka dia dikatakan sudah kalah sebelum bertempur. Karena itu, coba jurus-jurus yang telah diberikan oleh sang guru  untuk mencoba menaklukan beberapa soal.

Cobalah berani dengan  mulai dari soal-soal yang kita anggap atau kelihatan mudah. Jika kita ragu, minta   pilihkan dengan guru.  Soal mana yang sebaiknya terlebih dahulu kita kerjakan. Kemenangan demi kemenangan dalam menaklukan beberapa soal menjadikan suatu pengalaman yang sulit terlupakan.

Kelima kembangkan kesoal yang lebihsulit agar pengetahuan lebih mendalam.
Jangan selalu terbuai dengan kemenangan-kemenangan menghadapi lawan yang lebih lemah. Kemenangan yang seperti itu, meski berguna untuk meningkatkan motivasi; namun tidak menguji kita dengan sebenarnya. Cobalah, mulai berkenalan dengan soal-soal yang lebihsulit, atau bervariasi. Keberhasilan kita menaklukan soal dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggiakan membawa suatu kenikmatan.

Keenam seringlah berlatih dengan mengerjakan banyak soal, semakin banyak soal yang dikerjakan maka semakin mengerti kita tentang materi fisika. Mengapa megerjakan latihan soal sesering mungkin ? Kalau kita sering mengerjakan soal fisika, dengan sendirinya rumus diingat, dan akan terhap soal dengan sendirinya. Kita juga semakin memahami konsep fisika. Ingat waktu pertama kali belajar makan, bolak-balik makanan itu berlepotan  dimulut.

Maka dari itu  dengan trik-trik diatas belajar fisika menjadi lebih mudah. Akhirnya siswa dapat mencapai nilai maksimal.Dengan sering latihan soal maka dapat mengasah otak dengan sendirinya.

Suwarti,S.Pd

Smk Muhammadiyah 2 Sragen

BERBAGI