Beranda Jateng UMS Dorong Mahasiswa dan Dosen Patenkan Hasil Penelitian

UMS Dorong Mahasiswa dan Dosen Patenkan Hasil Penelitian

146
BERBAGI
Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih didampingi wakil rektor 1 Muhammad Dai dan Kun Harismah ketua sentra kekayaan intelektual UMS meninjau pameran produk penelitian UMS di Gedung Siti Walidah. Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui Sentra Kekayaan Intelektual, mendapat kewenangan khusus dari Dirjen Hak atas kekayaan Intelektual (HaKI) untuk mendaftarkan hak paten, hak merek dan sertifikasi produk secara online.

“UMS mendapatkan kewenangan dari Dirjen Haki untuk bisa mendaftar hak kekayaan intelektual secara online. Tidak perlu datang ke Jakarta atau ke Propinsi, bisa melalui Sentra Kekayaan Intelektual di UMS.” ungkap Kun Harismah, wakil ketua bidang penelitian, sekaligus ketua sentra kekayaan intelektual UMS, di UMS Sukoharjo, Jumat (3/8).

Dijelaskan Kun, tahun 2017 UMS sudah mendaftarkan 32 jenis produk kekayaan intelektual, 8 diantaranya dipatenkan sertifikat. Juga mengeluarkan 20 hak cipta desain batik dan 10 program komputer.

“Kami dorong mahasiswa, dosen dan masyarakat khususnya binaan LPP UMS untuk mendaftarkan atau mematenkan produk kekayaan intelektual mereka. UMS siap membantu dan biayanya lebih murah. Tahun ini ada 18 produk yang sudah mendaftar dalam proses verifikasi,” imbuh Kun, disela acara pameran produk hasil penelitian UMS, Jumat (3/8).

Pameran yang diadakan di gedung Siti Walidah ini dibuka oleh Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM), Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih. Diikuti oleh 25 stand produk mahasiswa dan dosen UMS, juga UMKM binaan UMS. Selain produk makanan, banyak produk lain yang turut dipamerkan, seperti tekstil, dan juga hasil penelitian lainnya.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, mengapresiasi adanya pameran produk dari mahasiswa tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh UMS ini sangat membantu. Terutama dalam meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia.

“Kegiatan mahasiswa ini bisa untuk mendampingi industri kecil dan menengah, dan produknya juga bisa digunakan sehari-hari, ” katanya.

Selain di UMS, Gati juga mendorong perguruan tinggi lain untuk ikut memasarkan produk penelitiannya sehingga bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat. (dea/drh)

 

BERBAGI