Beranda Edukasi Sekolah Hebat Undip dan SDN Srondol Wetan 03 Edukasi Anti-bullying

Undip dan SDN Srondol Wetan 03 Edukasi Anti-bullying

BERBAGI
Mahasiswa Undip menyerahkan kenang-kenangan kepada guru SDN Srondol Wetan 03 Semarang. FOTO : NOVANTO KRIS PRABOWO/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Tindakan bullying yang kerap dialami siswa sekolah dasar membuat masyarakat prihatin. Untuk mencegah hal itu terjadi, Sekolah Dasar Negeri Srondol Wetan 03 bekerja sama dengan mahasiswa D3 Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro menggelar edukasi bullying, Jumat (17/11). Kegiatan bertajuk “Spread The Love by Having Fun” itu, diikuti  71 siswa kelas 5.

Kepala SDN Srondol Wetan 03, Sukeri melalui guru agama Muhammad Lathif mengungkapkan perlunya edukasi mengenai bullying supaya siswa tidak melakukan tindakan tersebut kepada sesama siswa. Lathif mengatakan, kalau tindakan perundungan (bullying) memang menjadi salah satu perhatian guru untuk dicegah. Dia juga mengatakan perlunya mengajak pihak luar sekolah supaya lebih optimal dalam memberikan edukasi.

“Kali ini kami bekerja sama dengan Undip. Sangat perlu karena kalau kami sendiri, tenaganya sangat terbatas,” katanya.

Koordinator acara mahasiswa Undip, Ayen Yenli Pandiangan mengungkapkan, pihaknya turut prihatin dengan maraknya tindakan perundungan siswa. Menurutnya, siswa SD masih belum paham akibat dari tindakan mereka. Sehingga, lanjutnya, mereka bisa sangat mudah melakukan perundungan tanpa berpikir efek jangka panjang.

“Perundungan yang menimpa siswa SD, tersimpan dalam memori mereka sehingga menjadi bom waktu. Bisa jadi yang awalnya korban bisa menjadi pelaku. Atau malah korban itu akan trauma hingga dewasa, dan itu tidak sehat,” terang dia.

Dalam acara itu, kata Ayen, pihaknya juga mengajak Komunitas Anak Muda Calvary Community. Dia mengajak para siswa membuat beberapa kegiatan seperti menulis kesan kreatif dari pemutaran film terkait bullying.

Harapannya, lanjut Ayen, kegiatan itu mampu memunculkan banyak kesan yang memiliki nilai positif bagi siswa. Selain itu, ada beberapa anak yang memberikan kesan dan pesan yang harus diingat untuk kita menghindari bullying. “Salah satunya isi pesan dari kegiatan ini adalah, jika kamu dibully jangan balas dengan mem-bully. (enk/bow/ct7)