Beranda Jateng Solo Ungguli ITB, UMS Berjaya di UBM 2017

Ungguli ITB, UMS Berjaya di UBM 2017

BERBAGI
Tim UMS yang meraih juara UBM 2017. FOTO : DOK. UMS/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berjaya pada ajang University Battle Mapping (UBM) 2017 di Jakarta. Tim UMS terdiri dari tiga mahasiswa semester tujuh Fakultas Geografi UMS yakni Bruce Maldy, Mukhlis Akbar, dan Irfandi Fauzi, berhasil meraih gelar Champion.

“Kompetisi ini bertajuk University Battle Mapping 2017 diselenggarakan oleh Humanitarian Open Street Map Team (HOT) Indonesia, 2 Oktober-16 November 2017,” ungkap Bruce juru bicara tim lomba kepada wartawan, Sabtu (25/11).

Dalam kompetisi ini, kata Bruce, UMS berhasil menyisihkan Institut Teknik Bandung (ITB) sebagai juara kedua, Universitas Negeri Manado (Unima) di peringkat ketiga. Dan Universitas Gadjah Mada (UGM) diurutan keempat.

Menurut Bruce, selain menaklukkan 11 perguruan tinggi, timnya berhasil meraih nilai cukup tinggi dibanding yang lain. Misalnya saat menginput pemetaan, timnya berhasil memperoleh 61.718 objek. Sementara ITB hanya sebanyak 46.982 objek. Dan Unima memeroleh 38.698 objek.

Dalam kompetisi tersebut, Tim UMS mengambil lingkup Kota Solo, timnya diberi waktu seminggu untuk menginput data objek.

Di hari pertama, menginput 10 ribu objek. Padahal kampus lain baru 3-4 ribu objek. Sejak itu sampai seminggu ke depan, Timnya terus berusaha agar tidak bisa dikalahkan kampus lain. Sampai akhirnya bisa mengungguli semuanya.

“Beberapa hari kami sempat saingan terus hasilnya sama ITB. Alhamdulillah, berkat ketekunan dan konsistensi yang kami lakukan. Kami yang menjadi juaranya,” ujar Bruce. (dea/saf)