Beranda Jateng UNIBA Gelar Seminar Nasional & Call for Paper Financial Inclusion, Law Investment...

UNIBA Gelar Seminar Nasional & Call for Paper Financial Inclusion, Law Investment and Social Welfare

179
Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA) menggelar seminar Call for Paper bertajuk 'Financial Inclusion, Law Investment and Social Welfare', di Hotel Sahid Jaya, Solo, Sabtu (29/2/2020).

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA) menggelar seminar Call for Paper bertajuk ‘Financial Inclusion, Law Investment and Social Welfare’, di Hotel Sahid Jaya, Solo, Sabtu (29/2/2020).

Seminar ini menghadirkan dua pembicara yakni Irwan Tri Nugroho Ph.D dari akademisi UNS dan Sarwoto, S.E., MBA dari Bank Indonesia.

Diketahui sistem keuangan mengalami perubahan yang dinamis. Pergeseran antar satu sistem keuangan dengan sistem keuangan lainnya akan menciptakan atmosfer tersendiri. Tidak dipungkiri hal tersebut selalu diiringi dengan adanya kesenjangan antar pemegang kepentingan.

“Sistem keuangan yang beralih dari sistem konvensional ke sistem digital memberikan berbagai manfaat. Hanya saja ada keunggulan dan kelemahan sistem keuangan ini akan selalu menjadi trade off tersendiri. Hal ini yang menjadi pembahasan kami dalam seminar ini,” kata Ida Aryati, ketua penyelenggara.

Mengemuka bahwa penggunaan sistem keuangan digital saat ini belum mendapatkan proteksi yang cukup signifikan. Seringkali hak privasi konsumen tercederai dengan adanya proteksi hukum yang belum jelas.

Sistem digital saat ini juga rentan terhadap adanya peretasan dalam sistem tersebut, sehingga konsumen menjadi korban atas fenomena ini.

“Kesempatan ini harus menjadi celah bagi para akademisi untuk memberikan sumbangsih ide maupun gagasan untuk menjembatani gap masalah yang ada.” Imbuhnya.

Ide maupun gagasan tersebut harapannya mampu menjadi solusi untuk menutup kekurangan-kekurangan yang ada dalam sistem digital. Gap masalah yang semakin kecil dengan adanya solusi dari para akademisi tersebut, maka akan memberikan manfaat sosial yang lebih luas.

Seminar nasional ini diikuti akademisi, mahasiswa, dosen, dan peneliti, baik dari lingkup UNIBA maupun universitas lain seperti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Islam Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Mercubuana, Universitas Diponegoro, Universitas DR. Soetomo Surabaya, dan masih banyak lainnya. (Dea/bis)