Beranda Jateng Univet – PT Ciomas Kembangkan Laborat Pertanian Terpadu

Univet – PT Ciomas Kembangkan Laborat Pertanian Terpadu

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID. SUKOHARJO- Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Sukoharjo bersama PT Ciomas Adi Satwa berkolaborasi mengembangkan laboratorium pertanian terpadu Fakultas Pertanian Univet.

Laboratorium seluas 1 hektar yang ada di desa Jagan, Bendosari, Sukoharjo, dengan sejumlah fasilitas lab antara lain lab ternak unggas, lab ternak sapi kambing, lab pakan ternak, lab agroklimatologi, lab tanah dan lab botani.

“Lab terpadu pertanian nanti akan menjadi tempat belajar dan praktek mahasiswa, melengkapi sarana dan prasarana Univet. Untuk tahap awal sudah ada lab ternak unggas, dilanjutkan penyelesaian lab lain yang tahun ini dijadwalkan rampung.” tandas Dekan Fakuktas Pertanian, Ir Yos Wahyu Harinto, Rabu (14/2), di sela pembukaan lab terpadu oleh Pengurus YPPP Veteran yang menaungi Univet Sukoharjo.

Yos menambankan Fakultas Pertanian Univet juga terus mengembangkan diri dengan menjalin kerjasama dengan pihak luat negeri. Seperti kerjasama dengan perusahaan di New Zealand untuk budidaya sapi, budidaya jamur maitake dengan perusahaan Jepang.

“Bulan depan kita berangkatkan kembali mahasiswa dan dosen ke Jepang untuk budidaya jamur,” imbuh Yos.

Ketut, mewakili PT Ciomas Adi Satwa menyambut baik kerjasama dalam hal pendampingan peternakan ayam. “Kebutuhan dan permintaan pasar cukup tinggi. Tahap awal kita mulai 15 ribu bibit ayam.” tandas Ketut.

Sementara pihak YPPP Veteran menyatakan dukungan penuh termasuk pendanaan untuk menunjang kemajuan Univet.

“Berapapun dananya kita akan siapkan untuk melengkapi sarana prasarana Univet. Apalagi daya saing universitas sangat diperluka di era global ini,” tandas Ketua YPPP Veteran Bambang Margono. Bahkan tahun ini pihak yayasan sudah menyiapkan dana sebesar Rp 15 miliar untuk membangun sarana dan prasarana kampus. (dea/biz/muz)

BERBAGI