Beranda Semarang Untag Gelar Kuliah Umum Mahasiswa Baru

Untag Gelar Kuliah Umum Mahasiswa Baru

29
Penyematan : Rektor Untag Prof. Dr. Suparno, MSi menyematkan jas almamater kepada mahasiswa baru tahun akademik 2020-2021. FOTO : DWI SAMBODO/JATENG POS.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Sebanyak 1.997 mahasiswa baru Untag yang terdiri dari program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor, telah mengikuti kuliah umum yang dihelat secara virtual.

Dengan menghadirkan pembicara utama Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol. Drs. Heru Winarko, SH. Acara diawali dengan penyematan jaket almamater secara simbolis kepada sejumlah mahasiswa baru yang mewakili fakultas mereka masing masing.

Penyematan dilakukan oleh Rektor Untag Prof. Dr. Suparno, MSi, yang didampingi Ketua Pembina Yayasan Pembina Pendidikan 17 Agustus 1945 Semarang Prof. Dr. Sarsintorini Putra, SH. MH dan para Wakil Rektor Untag.

“Langkah ini dilakukan mengingat adanya Surat Edaran dari pemerintah, supaya dalam kondisi pandemi covid 19 ini untuk mengurangi jumlah kerumunan maupun kontak fisik. Sehingga termasuk dalam kegiatan belajar, seminar dan wisuda di Untag juga dilakukan secara daring,”Tutur, Ptof. Suparno, belum lama ini.

Namun demikian, ditengah pandemi global ini jangan digunakan alasan untuk tidak menuntut ilmu, mahasiswa sebagai generasi bangsa harus tetap berkarya dan berprestasi, yang penting tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu Prof. Suparno juga menyampaikan bahwa untuk semester ganjil tahun akademik 2020-2021,  Untag telah menerima mahasiswa baru sebanyak 1.997 orang, menurutnya ini membuktikan adanya trus atau kepercayaan masyarakat kepada Untag.

Dalam kuliah umum yang bertema “Katakakan Tidak Pada Narkoba”  Komjen Pol. Heru Winarko, menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi merupakan kawah candradimuka membentuk manusia unggul, manusia harapan bangsa.

“Dalam kesempatan baik ini kami berharap, para generasi muda mampu menjadi, insan yang cerdas, berkarakter dan patriotik yang merupakan potret ideal generasi bangsa yang dilahirkan Perguruan Tinggi dan diharapkan dapat membangun dan menjaga masa depan bangsa,”ujarnya.

Lanjutnya, untuk itu melalui Untag, mahasiswa bisa diperankan sebagai Agent of Change, turut merubah dari kondisi Indonesia darurat narkoba menjadi Indonesia bersih narkoba.

Untag Semarang sendiri, berkomitmen untuk menciptakan sebuah lingkungan dan komunitas yang sehat. Dengan penanaman nilai dan moral pendalaman mental yang kuat, maka akan terhindar dari segala tindak penyalahgunanaan narkoba. (biz/ucl)