Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Voli Plek Tingkatkan Kemampuan Dasar Bermain Bola Voli

Voli Plek Tingkatkan Kemampuan Dasar Bermain Bola Voli

42
Nowo Sarwidi, S.Pd Guru PJOK SD Negeri 1 Gumingsir, Pagentan, Banjarnegara
Nowo Sarwidi, S.Pd Guru PJOK SD Negeri 1 Gumingsir, Pagentan, Banjarnegara

Permainan bola voli merupakan suatu permainan olahraga yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia, dimana hampir disetiap desa pasti mempunyai lapangan bola voli bahkan banyak juga yang memeliki lapangan bola voli lebih dari satu. Bola voli sendiri adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing- masing grup memiliki enam orang pemain.

Permainan bola voli adalah permainan yang tergolong tidak mudah untuk dimainkan orang awam ataupun anak –anak usia sekolah dasar, karena untuk mempelajari permaianan ini biasanya kita harus menahan sakit untuk melakukan pukulan bola, menerima pukulan bola dan kita harus mempelajari teknik-teknik dari permainan yang tidak bisa dilakukan dengan singkat. Teknik –teknik dasar yang harus dikuasai dalam bermain bola voli yaitu : teknik servis, teknik passing atas , passing bawah, smash dan teknik blok ( membendung serangan smash dari lawan ). Untuk dapat menguasai teknik dasar bola voli ini memang perlu waktu dan ada baiknya menggunakan modfikasi dalam memberikan materi latihan, apalagi apabila kita sebagai guru PJOK kita harus mengetahui kondisi fisik dan psikologis siswa yang kita ajar, jangan sampai pembelajaran yang kita lakukan malah membuat anak terbebani karena secara fisik belum kuat.

Dalam memberikan materi bola voli untuk anak-anak ataupun pemula bisa dilakukan dengan memberikan latihan secara bertahap dimulai dari latihan passing atas dan passing bawah ,servis,smash kemudian yang terakhir adalah latihan block. Untuk anak –anak usia Sekolah Dasar karena banyak yang fisiknya masih terbatas biasanya apabila melakukan latihan gerakan passing sangat-sangat kesulitan ,ini dikarenakan kondisi tangan belum terlalu kuat dan mereka baru pertama kali bersentuhan dengan bola voli sehingga tangan akan tersa sakit dan kulit menjadi merah –merah. untuk mengatasi permasalahan dan kesulitan tersebut siswa bisa kita ajak untuk bermain voli plek.

Voli plek adalah suatu permainan bola voli yang sudah dimodifikasi dari bentuk lapangan,peraturan dan bola yang digunakan. Untuk lapangan berbentuk persegi panjang berukuran panjang 12 M dan lebar 6 M, tinggi net 2 M, dan bola yang digunakan adalah bola plastik. Dengan bentuk lapangan yang tidak terlalu panjang dan tinggi net hanya 2 M akan memudahkan anak dalam menjangkau bola, kemudian dengan memakai bola plastik anak akan lebih mudah dan lebih kuat untuk melakukan gerakan passing dan yang paling penting tangan anak tidak akan merasa cepat sakit dan kulit menjadi kemerah- merahan karena bola tersebut cukup ringan.

Dengan menggunakan metode bermain voli plek anak akan bisa bermain dengan lebih mudah dan tentunya anak akan merasa senang dan gembira, setelah anak merasa bahwa bermain bola voli itu menyenangkan maka anak akan antusias untuk mempelajari semua teknik dasar dalam permainan bola voli dimulai dari teknik servis,passing,smash dan blok. Sehingga akan meningkatkan kemampuan anak untuk menguasai teknik dasar dalam bermain bola voli dengan lebih cepat. Tahap selanjutnya tentunya setelah anak –anak bisa menguasai teknik dasar dengan latihan menggunakan bola plastik ,anak –anak juga diharuskan untuk menggunakan bola voli sebenarnya yang terbuat dari karet atau bola voli satandar dari PBVSI.

Penguasaan taknik dasar bola voli menggunakan latihan voli plek lebih efektif untuk dilakukan pada anak-anak Sekolah Dasar , dimana anak memang baru pertama kali mengenal dan mempelajari permainan bola voli. Di samping itu juga memang secara fisik belum semua anak usia Sekolah Dasar mempunyai fisik atau keadaan tangan ,tubuh,kaki yang kuat untuk dapat melakukan gerakan-gerakan dasar bermaian bola voli. Sehingga pembelajaran atapun latihan teknik dasar bola voli menggunakan permainan voli plek akan lebih meningkatkan kemampuan anak untuk lebih cepat mengusai teknik-teknik dasar dalam bermain bola voli dengan menggunakan aturan yang baku atau sebenarnya.

Nowo Sarwidi, S.Pd
Guru PJOK SD Negeri 1 Gumingsir,
Pagentan, Banjarnegara