Beranda Ekonomi Wagub Minta Jangan Lupakan Adat Jawa

Wagub Minta Jangan Lupakan Adat Jawa

Lepas 7.426 Pemudik Balik BUMN

130
MELEPAS : Wagub Jateng Taj Yasin dan Sekretaris Perusahaan PT Jasa Raharja Harwan Muldidarmawan serta sejumlah pejabat terkait melepas program balik mudik 2019 di Asrama Haji Donohudan Boyolali.
MELEPAS : Wagub Jateng Taj Yasin dan Sekretaris Perusahaan PT Jasa Raharja Harwan Muldidarmawan serta sejumlah pejabat terkait melepas program balik mudik 2019 di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

JATENGPOS.CO.ID, BOYOLALI – PT. Jasa Raharja (Persero) memberangkatkan sekitar 7426 pemudik Program “BUMN Balik Bareng 2019”, pada periode arus balik lebaran 2019. Pemberangkan program gratis dari BUMN #BalikBarengAsyikLancar, dilakukan oleh Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis, (13/6).

“Selamat bekerja kembali di Jakarta, tetap menjaga kearifan lokal adat dan bahasa Jawa, jangan sampai anak cucu kita lupa kampungnya,” kata Wagub Taj Yasin, didampingi , sekretaris Perusahaan PT Jasa Raharja, saat melepas peserta BUMN Balik Bareng 2019.

Kepada sopir bis, Wagub juga berpesan khusus agar tetap menjaga keselamatan berlalu lintas dan mengedepankan kenyamanan penumpang. Harwan Muldidarmawan, sekretaris Perusahaan PT. Jasa Raharja, mengatakan Program balik tahun ini diikuti 7426 lebih peserta dibagi 4130 menggunakan armada 70 unit bis dan 3296 menggunakan 5 rangkaian kereta api.

“Dibandingkan dengan tahun 2018, terdapat peningkatan jumlah penumpang sebesar 18.10%. tahun depan kita juga siap meningkatkan kuota lagi,” kata Harwan, Kamis.

Harwan menambahkan, bahwa pemilihan waktu pelaksanaan Balik Mudik sendiri bertujuan untuk mengurangi kepadatan jalan menuju Jakarta. Dengan demikian kenyamanan dan keselamatan dapat terjaga dengan baik saat mudik. Acara balik gratis diberangkatkan oleh Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, didampingi Haryo Pamungkas (Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Jawa Tengah) dan ), Wanda P. Asmoro (Kepala Perwakilan PT. Jasa Raharja Surakarta), Totok Ery Sukamto (Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja Sukoharjo) dan sejumlah pejabat Polda Jateng dan instansi terkait. Harwan menambahkan kegiatan Mudik Bareng BUMN Tahun 2019 yang diprakarsai oleh Kementrian BUMN merupakan bentuk sinergi beberapa BUMN dalam mewujudkan komitmen BUMN Hadir Untuk Negeri pada saat masyarakat melaksanakan kegiatan rutin setiap tahun di masa lebaran yaitu mudik.

Adapun lokasi pemberangkatan Mudik Balik Bersama Jasa Raharja tahun 2019 dari 4 kota meliputi Boyolali, Surabaya, Semarang dan Malang. Pemberangkatan dilakukan dalam 2 hari yaitu Kamis, 13 Juni 2019 dan Jumat, 14 Juni 2019.

Pada hari pertama, pemberangkatan dilakukan melalui halaman Asrama Haji Donohudan Boyolali dengan 70 bus. Juga melalui moda transportasi Kereta Api (KA) dari Surabaya via Solo (St. Surabaya Gubeng – St. Pasar Senen) dengan 1 rangkaian KA dan dari Surabaya via Solo (St. Pasar Turi – St.Pasar Senen) dengan 1 rangkaian KA. Sedangkan pada hari kedua, pemberangkatakn dilakukan dengan moda transportasi KA.

Dari Semarang dengan rute St. Semarang Tawang – St. Pasar Senen dengan 1 Rangkaian KA, dari Surabaya Via Solo (St. Surabaya Gubeng – St. Pasar Senen) dengan 1 rangkaian KA, dan dari Malang (St. Malang – St. Pasar Senen) dengan 1 Rangkaian KA. Sebelum pemberangkatan melalui halaman Asrama Haji Donohudan, dilakukan peninjauan armada bus dan pemotongan balon terlebih dahulu. Para peserta Mudik Balik Bersama Jasa Raharja juga dihibur dengan tari tradisional, reog, dan musik dangdut. (dea/bis/rit)