Beranda Jateng Solo Wali Kota Solo Jamin Keamanan Warga Papua

Wali Kota Solo Jamin Keamanan Warga Papua

93

JATENGPOS.CO.ID, Solo – Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menjamin memberikan suasana aman dan nyaman semua masyarakat Indonesia, termasuk warga Papua yang tinggal di Kota Solo.

“Solo siap memberikan suasana yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya saudara-saudara dari Papua di wilayah ini,” kata Hadi Rudyatmo di sela acara kebinekaan dengan mengenakan pakaian adat daerah di depan Plaza Manahan Solo, Selasa.

Pada acara tersebut, Wali Kota Surakarta bersama Kepala Polres Kota Surakarta AKBP Andy Rifai, Komandan Kodim 0735 Surakarta Letkol Inf. Ali Akhwan, dan sejumlah perwakilan masyarakat mengenakan pakaian adat daerah saling bergandeng tangan, lalu foto bersama di depan patung Soekarno.

Menurut Rudyatmo, hal tersebut membuktikan bahwa Kota Solo selalu memberikan kenyamanan bagi siapa pun yang tinggal di wilayah ini.

“Khusus warga Papua, bukan hanya soal keamanan, melainkan kesehatan dan pendidikan di Solo juga dijamin. Solo tetap kondusif,” kata Rudyatmo.

Menyinggung soal adanya vandalisme provokatif yang sempat muncul di Solo, Rudyatmo mengatakan bahwa pihaknya memastikan hak tersebut sudah dapat diatasi.

“Kami sudah menangani dan tidak ada lagi yang mencoba memprovokasi di Solo. Kami akan mengambil tindakan tegas jika ada yang mencoba mengganggu situasi di kota ini yang sudah kondusif,” katanya.

Menurut Rico Irianto Maury (44), warga Serui Papua, dirinya selama tinggal di Kota Solo merasakan kenyamanan dan mendapat perlindungan dari pemerintah.

“Saya hidup di Solo sejak 1980, dan masyarakat Papua pada umumnya hidupnya merasakan nyaman dan dilindungi oleh Pemerintah. Selama saya di Solo, belum pernah mendapat hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Rico.

Rico Irianto Maury lantas menegaskan, “Saya berjanji untuk cinta Indonesia. Indonesia adalah Papua, dan Papua adalah Indonesia.” (fid/ant)