Beranda Jateng Warga Sidoharjo Harapkan Betonisasi

Warga Sidoharjo Harapkan Betonisasi

113
BERBAGI
SERAP ASPIRASI: Wakil Ketua DPRD Demak dari Fraksi Partai Gerindra H Muntohar saat melakukan serap aspirasi pada kegiatan reses yang digelar di Desa Sidoarjo Guntur. Adhi pramanto/jateng pos
SERAP ASPIRASI: Wakil Ketua DPRD Demak dari Fraksi Partai Gerindra H Muntohar saat melakukan serap aspirasi pada kegiatan reses yang digelar di Desa Sidoarjo Guntur. Adhi pramanto/jateng pos

JATENGPOS.CO.ID, DEMAK – Kota Demak yang sekarang sangat jauh berbeda dengan 10 tahun yang lalu. Jika dahulu hampir tidak ada jalan yang mulus, kini sangat sulit mencari jalan yang rusak. Pasalnya hampir seluruh ruas jalan di Demak sepanjang 450 kilometer sudah menjadi jalan beton. Meski demikian, tetap saja ada masyarakat berharap betonisasi jalan menuju desa mereka. Seperti diungkapkan Kepala Desa Sidoarjo Kecamatan Guntur Muslikan, pada acara reses Wakil Ketua DPRD Demak dari Fraksi Gerindra H Muntohar SH di desa tersebut.

Dijelaskan oleh Muslikan, bahwa desanya yang kini memiliki 800 KK atau sekitar 2000 jiwa tersebut masih termasuk desa miskin. Walaupun sudah mendapatkan bantuan dari pusat berupa dana desa, serta ADD dari pemkab, tetap saja tak bisa menyentuh perbaikan jalan kecamatan sepanjang empat kilometer, yang letaknya sejajar aliran Sungai Tuntang.

Menurutnya, jalan penghubung antara Desa Trimulyo dengan desa Sidoarjo di Kecamatan Guntur serta berbatasan dengan Desa Ploso Kecamatan Karangtengah tersebut merupakan jalan kecamatan sekaligus Kabupaten. “Kewenangan perbaikannya ada di pemerintah kecamatan dan kabupaten,” ujarnya kemarin.

Usulan perbaikan jalan untuk peningkatan perekonomian masyarakat disebutkan sudah berulangkali disampaikan pada musrenbangcam. Namun hingga kini belum ada respon dari OPD terkait.

Muntohar sendiri langsung menanggapi keluhan warga tersebut dengan memasukkan pada daftar pembangunan infrastruktur yang harus segera ditangani. Mengingat jalur tersebut termasuk jalur padat lalulintas termasuk pula akses ekonomi yang krusial.

“Jalan poros penghubung Trimulyo, Sidoarjo dan Ploso itu pun termasuk akses terdekat dari Kecamatan Guntur sisi timur ke arah pusat kabupaten. Maka memang sudah selayaknya ditingkatkan ke konstrukai beton, di samping dilakukan pelebaran pula,” ujar Muntohar.

Selain perbaikan atau betonisasi  jalan, perbaikan saluran irigasi, drainase dan jalan usaha tani pun banyak disampaikan  pada acara reses tersebut. Terhadap semua aspirasi yang masuk tersebut, Muntohar berjanji membantu memberikan solusi. Namun tentunya dengan skala prioritas yang paling banyak berimbas pada kemaslahatan masyarakat. (adi)

BERBAGI