Beranda Jateng Wisata Curug Watu Gantung untuk Pemberdayaan Masyarakat

Wisata Curug Watu Gantung untuk Pemberdayaan Masyarakat

BERBAGI
Anggota Fraksi PKB DPRD Kendal Niken Larasati saat menikmati keindahan alam Curug Watu Gantung di Desa Wadas Kecamatan Plantungan. Foto:ADYE VIANT / JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID. KENDAL– Potensi kekayaan alam bisa menjadi sarana wisata edukasi, terlebih dengan melakukan pemberdayaan masyarakat. Sehingga akan tercipta kesejahteraan dan peningkatan ekonomi warga setempat.

Melalui pengelolaan potensi alam yang dilakukan secara baik, tentu dapat memunculkan nilai tambah bagi masyarakat. Apalagi, warga mampu menciptakan dan selalu berinovasi,” kata Niken Larasati yang merupakan anggota DPRD Kendal dari Fraksi PKB saat melongok destinasi wisata Curug Watu Gantung di Desa Wadas Kecamatan Plantungan, Selasa (24/4).

Menurutnya, masyarakat memiliki peran utama dalam memajukan daerahnya. Dengan mengelola sumberdaya potensi alam yang ada, akan bisa menciptakan lapangan kerja dan kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri.

“Suasana alam di Curug Watu Gantung ini masih alami. Jika dikelola dengan baik tentunya akan memberikana manfaat yang positif bagi diri sendiri maupun orang lain. Bahkan, kaum perempuan disini juga tidak mau kalah, mereka sangat bersemangat ikut mengembangkan destinasi wisata,” tutur dia yang juga didampingi suaminya, Benni Karyadi.

Benni menyampaikan, pengembangan ekowisata di alam terbuka ini kedepan akan bisa membawa manfaat besar bagi masyarakat setempat khususnya. Tentunya pemerintah akan mendorong hal ini melalui program bantuan yang ada, baik bersumber dari APBD kabupaten maupun Provinsi.

“Keberadaan Curug Watu Gantung ini memiliki banyak pesona dan daya tarik. Meski letaknya ikut kawasan wilayah Perhutani, namun jika dikelola dan dilakukan kerjasama yang baik tentu akan tercipta pengembangan destinasi wisata yang memiliki nilai jual,” kata dia yang juga anggota DPRD Provinsi dari Fraksi PKB ini.

Dirinya meminta agar dilokasi wisata yang tergolong masih baru ini, agar dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang bagi pengunjung. Utamanya, yakni ketersediaan lokasi parkir, kamar kecil (toilet), wahana bermain disertai properti juga tempat untuk ibadah seperti musala.

“Tadi saya lihat semuanya masih baru. Akses jalan ke lokasi juga masih setepak, selain itu beberapa papan penunjuk arah dan papan himbauan untuk pengunjung masih sedikit. Sebab itu sangat penting. Kemudian, sarana prasana penunjang lainnya,” pinta pria yang juga hobi trabas ini.

Sementara itu, Winarno Kepala Desa Wadas mengatakan melalui kegiatan sengkuyung warga pengembangan destinasi wisata Curug Watu Gantung di Dusun Jetis yang memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter ini diharapkan bisa membawa dampak positif kedepannya. Masyarakat sangat antusias dan bersemangat mengembangkannya.

“Salah satunya yakni dengan kegiatan padat karya berupa gotong-royong warga bersama Muspika Kecamatan Plantungan serta dibantu beberapa personil anggota Polsek Plantungan dan anggota TNI dari Koramil 09 Plantungan,” jelasnya.

Ditambahkan, pemerintah desa hingga saat ini terus berupaya mendorong masyarakat ikut mengembangkan dan mempromosikan destinasi wisata alam ini.

“Tidak hanya potensi alam saja, potensi warga melalui UMKM juga bisa ditonjolkan. Terlebih setiap musim liburan, selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah,” pungkasnya. (via/biz/muz)