Beranda Jateng Wisman Terkejut Disambut Kemeriahan Tarian Minogoro

Wisman Terkejut Disambut Kemeriahan Tarian Minogoro

158
Kirab Barikan Kubro dan ratusan penari Minogoro menarik perhatian wisatawan mancanegara. Dok Disporapar Jateng

JATENGPOS.CO.ID, JEPARA РWisatawan mancanegara  yang berkunjung ke Pulau Karimunjawa mengaku terkejut dengan parade tari Minogoro dalam rangkaian gelaran rutin ritual Barikan Kubro. Salah satunya diungkapkan Silvia, wisatawan asal Italia yang memuji gelaran 200 penari tradisional.

“Sangat bagus sekali. Tariannya cantik. Tradisinya juga sangat menarik. Sangat beruntung saya berkunjung tepat ada even disini,” ucap Silvia, Kamis (20/9/2018).

Dalam tradisi rutin tersebut, 200 penari memeriahkan Barikan Kubro Karimunjawa. Mereka menarikan tarian Minogoro.

Ketua Panitia Barikan Kubro Karimunjawa, Rofiun, mengatakan, tari minogoro merupakan tari tradisional daerah Karimunjawa yang menceritakan kehidupan masyarakat Karimunjawa.

“Cerita tari tersebut yakni para ibu di pesisir pantai yang sedang menunggu suaminya pulang menangkap ikan. Kemudian para ibu tersebut memproses hasil tangkapannya menjadi nilai rupiah,” jelas Rofiun.

Ribuan mata baik masyarakat lokal maupun wisatawan domestik dan mancanegara memandang ke alun-alun menyaksikan lemah gemulai tarian minogoro tersebut.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Provinsi Jateng Alamsyah mengatakan, pihaknya akan memacu tumbuhnya even – even di kawasan wisata sehingga dapat menarik minat wisatawan asing agar lebih lama tinggal di tempat tersebut.

Salah satu yang didukung Pemprov Jateng pada tahun ini di Pulau Karimunjawa adalah even Suronan yang dimeriahkan dengan rangkaian Barikan Kubro dan Haul Makam Sunan Nyamplungan. Even-even tersebut akan dimasukkan dalam rangkaian kalender even bertajuk “Festival Karimunjawa”. (drh)