Beranda Ekonomi XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafi k Jalur Mudik

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafi k Jalur Mudik

142

JATENGPOS.CO.ID, BANDUNG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) secara serius melakukan persiapan baik dari sisi jaringan maupun produk layanan. Untuk area-area di Central Region, kapasitas jaringan di sepanjang area jalur mudik rata-rata telah ditingkatkan menjadi dua kali lipat untuk antisipasi kenaikan trafik data yang diperkirakan akan naik sekitar 30% dari trafik hari nomal.

Kenaikan trafik antara lain juga dipengaruhi adanya pergerakan pelanggan yang masuk dari wilayah lain di luar Central Region, terutama dari DKI Jakarta. Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, kenaikan trafik data tertinggi untuk wilayah Jawa Barat diperkirakan akan terjadi di Kab Cirebon dan Kab Bandung. Sementara itu di Jawa Tengah akan ada di Kab Brebes, DI Yogyakarta ada di Gunung Kidul, Kalimantan Tengah di Kotawaringin Timur, dan Kalimantan Selatan di Banjarmasin.

Untuk jaringan, selain meningkatkan kapasitas secara umum sesuai kebutuhkan, XL Axiata juga telah menyiapkan dukungan Mobile BTS (MBTS) di sejumlah wilayah Central Region yang memerlukan. Di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga DI Yogyakarta MBTS sudah disiapkan di sepanjang jalur utama pemudik dan tujuan wisata utama sepanjang libur panjang Lebaran.

Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, saat ini untuk area XL Axiata Central Region sudah terdapat sekitar 43 ribu BTS, dengan total jumlah pelanggan mencapai lebih dari 16,5 juta. Total jumlah pelanggan terus meningkat, demikian juga dengan trafik pemakaian terutama layanan data.

“Total pelanggan kami telah mencapai 30 persen dari total pelanggan XL Axiata secara nasional. Setahun terakhir trafik penggunaan layanan data meningkat sekitar 62 persen. Pencapaian ini tentu perlu kami imbangi dengan penambahan infrastruktur jaringan secara memadai agar kualitas layanan tetap prima,” katanya.

Menurut Sofia, trafik layanan data tumbuh signifi kan untuk area Jawa Barat, Jawa Tengah hingga DI Yogyakarta. Seperti yang terjadi secara nasional, pertumbuhan kinerja XL Axiata di area Central Region terutama karena kepuasan pelanggan atas kualitas layanan yang terus meningkat.

s Hal ini bisa tersajikan karena berimbangnya antara baiknya kualitas jaringan dan berbagai penawaran produk layanan data yang memang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di semua segmen melalui brand XL dan AXIS. (aln/mar)