Beranda Edukasi Yusuf Kalla Sebut Penggantian Kurikulum Pendidikan Sekolah Sangat Penting

Yusuf Kalla Sebut Penggantian Kurikulum Pendidikan Sekolah Sangat Penting

78

JATENGPOS.CO.ID, Yogyakarta – Wakil Presiden (Wapres) RI, Muhammad Jusuf Kalla dalam Seminar Nasional bertema ‘Format Pendidikan untuk Meningatkan Daya Saing Bangsa’ di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengatakan penggantian kurikulum pendidikan di sekolah sangat penting.

“Penggantian kurikulum adalah suatu hal yang penting, wajib. Karena ilmu pengetahun itu juga berkembang, sistem (pendidikan) juga berkembang,” kata Wapres saat menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional di Yogyakarta, Sabtu.

Karena itu, menurut Jusuf Kalla apabila setiap ada pergantian menteri pendidikan di Indonesia yang diikuti dengan penggantian kurikulum pendidikan jangan ditanggapi sinis, karena itu untuk menyesuaikan perkembangan.

Wapres menjelaskan, bahwa sistem atau kurikulum pendidikan yang diajarkan guru atau tenaga pendidik kepada anak didiknya itu sudah sesuai dengan kebutuhan yang harus dikuasai anak didik lima tahun depan.

“Apa yang dihasilkan (siswa) di SMA (sekolah menengah atas) atau pendidikan yang hari ini diajarkan itu baru akan dia praktekkan lima sampai 10 tahun yang akan datang,” lanjutnya.

Dengan demikian, lanjut Wapres apabila kurikulum pendidikan yang sudah disesuaikan tidak diajarkan, padahal kemungkinan itu ilmu yang berkembang pada lima atau 10 tahun akan datang, maka negara akan stagnan.

“Pendidikan akan stagnan, bangsa juga akan stagnan kemajuannya, tanpa melihat apa yang dimajukan keseluruhan,” katanya.

Selain kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan, Wapres juga menyebutkan bahwa sarana dan prasarana pendidikan sangat penting, sehingga tempat pendidikan maupun pemerintah dituntut untuk terus berupaya meningkatkan.

“Dan kita bersyukur peresmian Gedung Pascasarjana UNY itu menjadi bagian dari peningkatan sarana pendidikan kita. Tidak banyak negara selain Indonesia yang memberikan angaran 20 persen untuk pendidikan,” tambahnya.

“Itu berarti bahwa akan terus naik anggaran (pendidikan) itu, jadi sarana pendidikan pasti dan selalu akan lebih baik, kalau ada sekolah yang masih belum baik, tentu itu harus jadi perhatian kita semua,” kata Wapres. (fid/ant)