1.269 Knalpot Brong Senilai Rp1 Miliar Dimusnahkan Polresta Solo

8
DIMUSNAHKAN : Ribuan knalpot brong hasil sitaan dimusnahkan di Halaman Polresta Solo, Senin (11/10). Foto : Putri Wijayanti/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SOLO– Sebanyak 1.259 knalpot brong hasil sitaan Satlantas Polresta Solo dimusnahkan dengan cara digilas alat berat stoom walls di halaman Mapolresta setempat, Senin (11/10). Ribuan knalpot tersebut merupakan barang bukti yang disita dari pemilik kendaraan baik motor maupun mobil selama razia yang digelar Maret-Oktober ini.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, kendaraan yang menggunakan knalpot brong, baik motor maupun mobil sengaja dirazia oleh petugas, karena keberadaannya tidak hanya dapat mengganggu kenyamanan, tetapi juga bisa merusak mesin bahkan membuat kendaraan tersebut terbakar.

“Penyitaan terhadap penggunaan knalpot brong terus kita dilakukan. Sejak Maret hingga Oktober sebanyak 1.259 knalpot brong disita. Adapun nilai total dari knalpot brong yang kami musnahkan hari ini senilai Rp1 miliar,” ujarnya.

Ade mengakui jika masifnya razia terhadap keberadaan knalpot brong salah satunya disebabkan banyaknya keluhan masyarakat yang dilaporkan langsung kepada pihaknya. Mereka mengatakan merasa terganggu dengan suara bising yang dihasilkan kendaraan yang menggunakan knalpot brong.

“Setiap razia, pengendara yang kedapatan menggunakan knalpot brong langsung kita tindak di tempat. Knalpot dilepas dan pemilik kendaraan kita tilang dengan pasal 258 ayat 1 Undang-undang LLAJ,” imbuhnya.

Ditambahkan Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra. Knalpot brong yang disita tidak berasal dari kendaraan roda dua saja, tetapi juga roda empat. Ia menyebut dari jumlah 1.259, sekitar 800-an knalpot merupakan knalpot kendaraan roda dua, sedangkan sisanya dari kendaraan roda empat

“Paling banyak dari roda dua kita amankan. Satu unit knalpot brong ini ditaksir Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per unit. Jika ditotal mencapai Rp1 miliar,” pungkasnya. (jay)