Haris Tegaskan Tidak Maju Pilkada Salatiga, Pilih Jabatan Ini

TIDAK MAJU: Dr. H. Muh. Haris, M. S.i. foto:ist for jatengpos

JATENGPOS. CO. ID, SEMARANG – Mantan Walikota Salatiga, Dr. H. Muh. Haris M.Si, yang digadang-gadang maju Pilkada Salatiga 27 Nopember 2024 memastikan tidak akan maju calon walikota. Haris lebih memilih menjadi anggota DPR RI dari PKS untuk periode 2024-2029.

Hal itu dikatakan Haris saat mengisi pengajian Halal bi Halal yang digelar Fostam (Forum Silaturahim Takmir Masjid dan Musholla) Jawa Tengah, di PTQ Lansia Husnul Qotimah, Jln Villa Madani Gedawang, kelurahan Gedawang, Banyumanik Semarang, 20 April 2024.

“Tanpa mengurangi rasa hormat masyarakat Salatiga yang menghendaki saya maju walikota, saya matur tak istirahat dari calon walikota, saya tak istirahat dengan menjadi anggota DPR RI saja, ” kata Haris.

Keputusan itu nenurutnya bukan tanpa asalan. Sebab saat ini dia lolos menjadi anggota DPR RI untuk PKS dari Dapil Jateng I yang meliputi kota Semarang, kabupaten Kendal, kabupaten Semarang, dan kota Salatiga.

“Saya tidak enak juga dengan masyarat empat kabupaten/kota yang sudah memilih dan menitipkan aspirasinya kepada saya, ini amanah yang harus saya hargai juga, ” imbuh pemilik Ponpes Nurul Islam (Nuris) Tengaran Salatiga ini.

Selain itu, menurut politisi yang juga seorang ustad ini, dirinya sudah merasa capek dengan kampanye pada pileg 2024 ini. Perhelatan demokrasi pemilihan capres dan anggota legislatif itu sangat menguras tenaga dan pikiran. Sudah saatnya dia istirahat dengan menjadi wakil rakyat saja.

“Saya masih didorong-dorong terus sama Ustad Afif, tapi saya dah matur tad Afif (Ketua DPD PKS Jateng.red), saya tak istirahat saja, saya sudah capek kampanye, “tambahnya.

Haris yang pernah menjabat wakil walikota Salatiga dua periode bersama Yulianto itu mengaku juga didorong para kepala dinas yang masih aktif untuk maju. Sebab mereka merasakan selama bekerjasama koordinasi nya baik.

“Kemarin saat halal bi halal dengan berbagai tokoh dan unsur pejabat di Salatiga, mereka meminta saya maju juga. Kata mereka saya kalau bekerja koordinasinya enak dan perintahnya bisa dijlentrehkan (diurai) dengan gamblang, tapi saya matur pengin istirahat di DPR saja.”

Ketika ditanya siapa penggantinya, Haris mengaku partainya, PKS, sedang mencari. Ketika ditanya apakah akan mengajukan isterinya, Hj. Ida Nurul Farida, Haris mengaku isterinya juga menolak.

“Isterinya saya sudah saya tawari menolak juga. Mengaku sudah capek juga, dia bilang waktu jadi wakil walikota saja tidak pernah istirahat menghadiri undangan warga dan RT/RW. Beliu juga pengin istirahat saja, pilih jadi anggota DPRD provinsi Jateng, karena juga lolos saat pileg 2024,” imbuhnya.

Asal tahu, Muh Haris disebut-sebut sebagai calon jadi, jika maju Pikada Salatiga. Sebab selama menjabat wakil walikota dikenal dekat tokoh agama dan masyarakat Salatiga. Jaringan ulama, pondok pesantren, dan para pendeta bagus. Dikenal sopan santun dan baik kepada siapapun.

Popularitasnya belum ada yang menandingi. Bahkan saat terpilih wakil walikota berpasangan Yulianto pun, disebut-sebut Haris punya andil besar. Setelah dua periode menjabat, Haris jadi anggota DPR RI. Sementara Yulianto jadi anggota DPRD Salatiga untuk periode 2024-2029.(jan)