6 Destinasi Wisata Menarik di Tawangmangu yang Wajib Anda Kunjungi

JATENGPOS.CO.ID,  TAWANGMANGU – Mungkin terdengar masih asing di telinga. Tidak seperti Bali ataupun Jogja yang sudah tersohor semenjak dahulu sebagai daerah yang banyak menjadi tujuan wisata para traveler lokal maupun mancanegara. Walaupun begitu, Tawangmangu ternyata memiliki beragam destinasi menarik, terutama wisata alamnya yang tak kalah dengan daerah wisata terkenal lainnya. Tawangmangu terletak kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Sudah  banyak penginapan di tawangmangu yang bisa Anda pilih untuk melengkapi liburan.

Seperti The Lawu Park Resort, Hotel Grand Bintang Tawangmangu dan Facade Boutique Hotel by Azana Tawangmangu. Karena berada di bawah kaki Gunung Lawu, udara disini terasa sejuk dengan panorama alam yang syahdu. Berikut ini terdapat 5 rekomendasi destinasi wisata menarik di Tawamangu yang wajib Anda kunjungi. Apa saja? Simak ulasannya.

1. Grojogan Sewu

Grojogan sewu adalah salah satu tempat paling indah di Lereng gunung lawu. Grojogan artinya air terjun Sewu adalah seribu. Walaupun begitu, bukan berarti air terjunnya yang berjumlah seribu melainkan jumlah anak tangga yang berada disini. Konon katanya, jumlahnya mencapai seribu. Jika Anda pergi ke tempat ini, lebih baik jangan membawa makanan ataupun barang yang mencolok. Karena puluhan ekor kera bisa saja tertarik dan akan langsung mengambilnya.

Grojogan sewu juga terkenal dengan mitosnya. Konon katanya, sepasang kekasih yang berjalan di jembatan Grojogan sewu, hubungannya akan kandas. Sepanjang perjalanan, Anda akan melihat pemandangan bebatuan yang berjajar rapi dan pepohonan yang menjulang tinggi. Udaranya yang sejuk, akan membuat mood Anda menjadi positif. Harga tiket masuk ramah di kantong, hanya Rp.17.000.

2. Rumah Atsiri

Ingin berwisata herbal? Datanglah ke Rumah Atsiri. Berlokasi di Jl. Watusambang, Desa Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Rumah Atsiri beberapa tahun terakhir, mendadak menjadi objek wisata favorit, bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Padahal, dulunya Rumah Atsiri adalah pabrik penghasil minyak citronella.

Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung harus membayar voucher seharga Rp50 ribu. Voucher tersebut dapat Anda gunakan untuk mengikuti berbagai kelas. Disini Anda juga dapat berkunjung ke museum, glamping, pusat penelitian serta pengembangan, ataupun berbelanja berbagai produk yang disediakan di toko yang berada disana.

3. The Lawu Park

Berwisata alam sambil berfoto ria dan melakukan kegiatan outbound pasti sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Jika hal itu yang Anda inginkan, mungkin The Lawu Park adalah tempat yang cocok.

The Lawu Park dikelilingi oleh pepohonan pinus tinggi menjulang, dengan pemandangan khas pegunungan yang sejuk dan indah. Disini disediakan spot foto cantik, bernuansa hiasan warna warni yang instagramable

Jika pergi kesini, jangan lupa untuk mengunjungi Snow Park. Yaitu taman bersalju yang populer seperti di negara empat musim. Anda juga dapat menginap sambil menikmati panorama alam Gunung Lawu, karena tempat ini juga menyediakan banyak villa dengan fasilitas mewah. The Lawu Park terletak di Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hanya tiket masuk hanya Rp 15.000.

4. Sakura Hills

Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang, untuk menikmati sakura yang cantik. Karena Tawamangu punya Sakura Hills. Disini, Anda dapat menikmati pemandangan ala negeri sakura Jepang. Pohon sakura yang bermekaran dapat Anda temukan di sekitar lokasi. Nuansa Jepang semakin terasa, karena banyak bangunan Jepang yang berdiri. Seperti Taman Jepang, Taman Sakura,  Water Onsen Park, Ninja Squad Outbond, Super Camp, Japanese dan Executive Resort. Restoran dan Cafe yang menyediakan kuliner lezat juga dapat Anda temui Disini.

5. Taman Wisata Balekambang

Berlokasi di Jalan Balaikambang, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Taman Wisata Balekambang menawarkan berbagai landmark miniatur menarik dari berbagai belahan dunia dan cocok menjadi latar foto yang ciamik.

Anda juga dapat mencoba berbagai wahana outbound yang memacu adrenalin. Seperti flying fox, high rope, ATV, ataupun paintball. Jika Anda menyukai permainan yang mengasah daya konsentrasi, bisa mencoba shooting target. Serunya bermain air juga dapat Anda rasakan disini. Karena terdapat Waterboom New Balekambang dengan seluncuran dan air mancur. Hal yang ikonic dari Waterboom ini adalah kehadiran gurita raksasa, kuda laut, dan hewan air lainnya.

6. Agrowisata Desa Nglurah

Pesona Agrowisata Desa Nglurah tak lepas dari sentra tanaman hias terbesar di Indonesia. Bahkan, Desa Nglurah, pernah dinobatkan sebagai desa wisata kebun bunga di tahun 2001. Karena hampir semua warga di desa Ngurah menanam tanaman hias. Suasana khas pegunungan dengan menghirup udara segar sambil memandangi tanaman dan bunga yang cantik pasti menjadi healing yang tak terlupakan. Belum lagi, tidak ada tiket masuk alias gratis untuk mengunjungi tempat ini. Jika lapar, di sekitar lokasi ada satu makanan andalan Tawangmangu yaitu sate kelinci. Anda bisa mencobanya.

Itulah 6 destinasi wisata menarik di Tawamangu yang wajib Anda kunjungi. Untuk Anda yang ingin menginap di sekitaran lokasi wisata di Tawamangu, Anda bisa mewujudkannya melalui aplikasi Traveloka. Ada promo Teman Tanggal Merah yang akan membuat liburanmu makin hemat. Dapatkan diskon hingga 70% + kupon diskon s.d. Rp 1 juta mulai 15 – 26 Juni 2022 di banyak pilihan Hotel dan Holiday Stays.(aln)