Beranda Lifestyle 8 Ide Fotografi yang Bisa Dilakukan Ketika di Rumah Saja

8 Ide Fotografi yang Bisa Dilakukan Ketika di Rumah Saja

187

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG — Kalian suka motret? Apa daya yang bisa kalian lakukan ketika musim pandemi seperti ini dan apalagi jika di tempat kalian lagi  diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)?

Akibat dari covid 19 ini tidak tanggung-tanggung membuat dampak yang besar pada semua sektor, baik itu mulai dari ekonomi, pendidikan, transportasi, dan sektor lain yang ada di Indonesia bahkan di seluruh dunia juga ikut terdampak.

Artist khususnya di bidang fotografi pun ikut terkena imbasnya, dari yang menjalankan pekerjaan sebagai fotografer maupun orang-orang yang hanya sekedar suka hobi fotografi.

Pasti ada sebagaian dari kalian bahkan fotografer yang biasa hunting outdoor /di luar pun akan mengurungkan niatnya dulu karena adanya himbauan work from home/ beraktivitas di rumah aja.

Tapi jangan sedih, di sini kita akan kasih beberapa ide fotografi yang bisa kalian lakukan ketika di rumah aja. Apa aja ide tersebut? Simak lebih lengkapnya berikut ini:

Foto Binatang Peliharaan

Kapan lagi bisa menghabiskan waktu bersama binatang kesayangan kalian?

Jika kalian punya binatang peliharaan di rumah kalian bisa memanfaatkannya sebagai objek foto kalian.

Cobalah untuk mendandani sedemikian rupa, ambil ekspresi unik atau ketika ada momen-momen lucu sehingga kalian juga tetap bisa bermain bersama dan mengurangi bosan ketika di rumah.

Foto Arsitektur

Siapa bilang rumah atau bahkan kamar kalian tidak layak dijadikan objek foto? Bisa saja kok.

Kalian bisa merapikan atau menata set ruangan/kamar kalian tidak perlu berlebihan yang penting unik atau dibuat minimalis.

Manfaatkan cahaya dari matahari dengan membuka jendela atau pintu sehingga cahaya yang dihasilkan terlihat natural.

Gunakan lensa dengan bukaan lebar kisaran 10-16 mm agar sudut pandang yang di dapat lebih luas, jika ingin lebih dramatis kalian bisa juga gunakan lensa 25-35mm.

Foto Produk

Pastinya di rumah kalian ada berbagai macam barang bukan? Mulai dari barang elektronik yang kecil seperti hp atau laptop atau bahkan furniture yang ukurannya besar-besar.

Kalian yang punya beberapa barang/properti lain juga bisa kalian manfaatkan untuk foto-foto.

Caranya mudah, sediakan cahaya lampu, bisa lampu belajar atau portable lamp lain lalu tempatkan di samping produk /objek foto kalian, set sedemikian rupa hingga cahaya terlihat dramatis.

Kalian bisa juga ambil gambar dengan cara zoom objek tersebut dan cobalah foto dalam berbagai sudut/ angle.

Fotografi Aerial

Biasa dikenal dengan fotografi yang diambil dari udara. Ide yang satu ini memang khusus buat kalian yang mempunyai kamera drone.

Meskipun tidak bisa leluasa untuk hunting di luar rumah, manfaatkan kamera drone kalian untuk bisa ‘jalan-jalan’ ke luar rumah walau sekedar mengambil gambar di sekitar wilayah kalian.

Terkadang kalian bisa menemukan spot yang bagus dari atas apalagi jika kalian sudah mempunyai tips atau sudah terbiasa menguasai fitur yang ada pada drone kamera kalian.

Foto Kebun atau Halaman Rumah

Adakah diantara kalian yang punya kebun kecil di halaman rumah? Atau bahkan sawah yang terhampar luas di sekitaran rumah kalian?

Tempat yang satu ini juga bisa kalian manfaatkan ketika masa-masa karantina wilayah seperti ini.

Tipsnya cari momen yang tepat, bisa pada saat menanam, sekedar menyirami atau aktifitas lainnya.

Kalian bisa tunggu waktu ketika sunset atau matahari terbenam sehingga membuat hasil foto menjadi lebih bagus karena cahaya yang natural.

Foto Potrait Studio

Kita semua tahu bahwa ada prosedur/aturan yang harus kita ikuti ketika ada pandemi, seperti contoh kita tidak bisa sembarangan menerima tamu dari luar rumah.

Foto portrait sebenarnya bisa kalian lakukan oleh siapa saja dan di mana saja tak terkecuali di rumah kalian sendiri dan objeknya adalah kalian sendiri.

Gunakan timer apabila kalian mau eksperimen motret diri kalian sendiri.

Coba sesekali kalian praktekkan, jadikan kamar kalian / ruangan yang ada di rumah sebagai studio mini.

Caranya set lampu sedemikian rupa, pasang background dari kain warna layaknya di studio foto tapi dengan style kalian sendiri, syukur-syukur kalau punya Flash eksternal beserta softbox sebagai pendukung cahaya tambahan.

Foto Keluarga

Kapan lagi kalian bisa menghabiskan waktu bersama keluarga kalau tidak ada momen seperti ini?

Kalian bisa memanfaatkan waktu yang ada ketika berkumpul bersama keluarga tersayang. Mungkin dikala masak, nonton bersama, bermain dengan anak-anak, dan lain-lain.

Tak hanya itu, abadikan momen tersebut bisa dengan cara selfie bersama (groupie) atau foto candid dengan tetap mengikuti aturan physical distancing yang berlaku.

Virtual Photoshoot

Satu lagi ide yang tidak kalah serunya dan sempat viral karena beberapa artis turut meramaikan virtual photoshoot ini.

Namanya saja virtual photoshoot, apa itu?

Virtual photoshoot atau bisa diartikan sebagai pemotretan virtual adalah hal yang baru di rana fotografi saat ini dengan memanfaatkan internet sebagai media karena adanya jarak antara fotografer dengan model.

Dikala pandemi corona ini melanda, orang-orang dihimbau untuk tetap menerapkan physical distancing sehingga muncul lah virtual photoshoot ini.

Yang membedakan ini dengan fotografi biasanya adalah objek yang difoto tidak bertatap muka langsung dengan fotografer akan tetapi menggunakan media baik itu laptop, tab ataupun smartphone.

Kalian bisa mencoba bersama teman kalian atau kerabat dengan memanfaatkan berbagai aplikasi video, dengan kualitas gambar yang besar karena berpengaruh pada hasil foto.

Setelah itu siapkan kamera kemudian arahkan mereka /model dengan mempertimbangkan kondisi cahaya dan tempat di mana mereka berada sesuai keinginan atau sekreatif kalian.

Gimana? Semoga ide ide fotografi tersebut bisa sedikit menginspirasi kalian yang lagi menjalankan program wfh jadi bisa segera kalian praktekkan buat motret di rumah aja.

Meskipun di rumah aja kita harusnya mencoba untuk tetap produktif, sebisanya untuk tetap berkreasi meski dalam kondisi apapun, jangan biarkan kreatifitas kalian dibelenggu oleh keadaan.

Selalu jaga kesehatan, cukup di rumah aja demi memutus penyebaran corona, tapi ingat kreatifitas tetap jalan!