800 Calon Jemaah Haji Kabupaten Semarang Didominasi Petani

PELEPASAN: Bupati Semarang H Ngesti Nugraha menyampaikan sambutan saat pelepasan 800 CJH dan petugas pendamping di Pendapa Rumah Dinas, Senin (6/5/2024). FOTO:MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– Bupati Semarang H Ngesti Nugraha melepas secara resmi 800 calon jemaah haji (CJH)) dan petugas pendamping daerah di Pendapa Rumah Dinas di Ungaran, Senin (6/5/2024).

Para calon jemaah itu akan terbang ke Tanah Suci dalam empat kelompok terbang mulai 27 Mei mendatang. Pelaksana harian (Plh) Kepala Kantor Kementerian Agama, Zulkifli melaporkan sebagian besar calon jemaah haji berprofesi sebagai petani dan pegawai swasta.

Sedangkan lainnya adalah PNS dan ibu rumah tangga. Calon jemaah haji termuda berusia 21 tahun dan tertua 89 tahun.

“Seluruh calon jemaah telah mengikuti bimbingan manasik haji di tiap kecamatan masing-masing. Kami mohon doa agar perjalanan haji yang akan dilakukan dapat berjalan lancar,” katanya.

Zulkifli juga berterima kasih kepada Pemkab Semarang yang telah memberikan berbagai fasilitas pendukung yang memperlancar persiapan keberangkatan calon jemaah. Termasuk penyediaan sarana transportasi menuju dan dari asrama haji di Boyolali. Sehingga para calon jemaah haji tidak lagi mengeluarkan biaya.

Sesuai jadwal, sebanyak 116 calhaj akan masuk kelompok terbang 56 bersama calhaj Kota Semarang. Kemudian 167 calhaj tergabung di Kloter 57 bersama calhaj dari Salatiga. Sedangkan Kloter 58 akan diisi penuh oleh 352 calhaj Kabupaten Semarang.

Ketiga kloter ini akan diterbangkan ke Jeddah pada 27 Mei 2024. Sementara 154 calhaj akan bersama calhaj Grobogan di Kloter 58 berangkat menuju tanah suci 28 Mei.

Bupati Semarang H Ngesti Nugraha dihadapan ratusan calon jemaah haji yang hadir mengimbau mereka untuk selalu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah.

“Jaga sikap dan perilaku sesuai tuntunan agama. Perbanyak doa untuk diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara,” katanya.

Perwakilan calon jemaah haji, Qi Mangku Bahjatulloh saat sambutan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran persiapan keberangkatan dan pemaknaan ibadah haji nantinya.

Sebelumnya, Bupati Semarang H Ngesti Nugraha membuka kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Semarang tahun 2024 di aula Masjid Agung Al Mabrur, Ungaran, Senin (22/4/2024) lalu.

Di hadapan ratusan calon jemaah haji yang hadir, Bupati mengimbau mereka dapat mengikuti arahan dan ketentuan yang disampaikan para pemateri. Sehingga pelaksanaan ibadah haji nantinya akan berjalan lancar dan aman.

“Penting juga untuk menjaga kesehatan terutama bagi para calon jemaah lanjut usia. Nantinya akan ada perlakuan khusus bagi Bapak Ibu selama menjalankan ibadah haji di tanah suci,” terangnya. (muz)