98QNED89 TV Terbaru LG Siap Pre-Order

*Di Online Brand Store mulai 11 Juni 2024

- TV PREMIUM LG- LG Electronics Indonesia (LG) meluncurkan TV premium terbaru LG, 98QNED89, Rabu (12/6/2024). FOTO : DOK.HUMAS/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA–  Janji LG Electronics Indonesia (LG) untuk lebih cepat menghadirkan produk inovatif yang debut di Consumer Electronics Show 2024 bagi pasar Indonesia, benar-benar direalisasikan. Hal ini setidaknya terbukti dari peluncuran TV premium terbaru LG, 98QNED89, Rabu (12/6/2024).

Mengawali debut pemasaran perdananya di Indonesia, LG membuka penawaran terbatas Pre Order bagi TV berbentang layar 98 inci sepanjang 11 – 23 Juni 2024. Penawaran ini berlaku melalui LG Online Brand Store yang terdapat di website resmi LG di Indonesia lg.com/id

Dibuka dengan harga Rp 62,999,000, LG memberikan penawaran istimewa. Untuk setiap pembelian 1 unit LG 98QNED98, pembeli akan mendapatkan 1 unit TV LG StanbyME. Disamping itu, LG juga mempersiapkan program Pre Order menarik lainnya melalui website jaringan toko Hartono Elektronik dan Electronic City.

Lepas dari penawaran pada debut perdana pemasarannya, LG 98QNED89 merupakan TV yang menarik untuk dibidik. Kualitas tayangan dari layar berbentang 98 inci miliknya ini bakal mudah mencuri perhatian bagi pecinta film maupun gaming.

Hal ini dikatakan mewakili keberhasilan LG yang mengkolaborasikan dua teknologi terkini pada panel LED.

“Keberhasilan kolaborasi teknologi dengan kelengkapan kepintaran didalamnya, menjadikan QNED TV terbaru ini merupakan puncak baru dalam TV LED premium,” ujar Park Jae Il – Product Director Home Entertainment of LG Electronics Indonesia.

Bicara tentang kolaborasi dua teknologi terkini panel LED, sebenarnya tersirat pada penamaan LG bagi TV terbarunya ini. Nama QNED TV menjadi gabungan dari dua teknologi utama penyusun layarnya yaitu Quantum Dot dan NanoCell (Emitting Diode).

Quantum Dot sendiri dikenal menjadi inovasi terkini panel TV LED. Bekerja dengan komponen menyerupai butiran kristal yang memanfaatkan tiga sumber cahaya yang menghasilkan warna dasar berbeda. Karakteristik kristal yang mampu mereproduksi cahaya lebih baik dengan kontras lebih tinggi, membuat teknologi ini cepat diterima dan mendorong banyak pabrikan menggunakan dan kemudian memasarkannya bagi TV LED premium meskipun dengan nama berbeda.

Berbeda halnya dengan QNED TV, LG mengkolaborasikannya dengan teknologi NanoCell miliknya sendiri pada panel LED berbasis Quantum Dot ini. Berbentuk lapisan nanopartikel ekstra yang tersemat pada panel LED, teknologi NanoCell berfungsi sebagai filter warna yang menyaring cahaya dalam panjang gelombang cahaya yang dihasilkan panel LED dengan Quantum Dot tadi.

Proses ini menghasilkan spektrum warna lebih luas, tampilan lebih terang dengan kedalaman warna lebih dramatis.

“Penyempurnaan inilah yang membuatnya mampu menghasilkan reproduksi visual dengan kualitas tinggi meskipun dalam layar ultra besar,” ujar Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia.

Namun demikian, kata Vincent Martana Wenas, keistimewaan LG 98QNED89 ini tak berhenti hingga disana. Hal ini karena LG menyematkan prosesor berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI), LG α8 AI Processor. Sematan prosesor terbaru LG ini memberikan 1.3 kali lipat peningkatan pada performa AI, 2.3 kali lipat peningkatan performa grafis dan 1.6 kali lipat kecepatan proses dibandingkan dengan pendahulunya. Berbagai kelebihan inilah yang kemudian memberikan peningkatan pada visual dan sektor audio pada TV LG 98QNED89.

Dari sisi visual, melalui fitur AI Picture Pro, TV premium LG ini menawarkan kualitas gambar lebih tinggi berbasis deep learning melalui berbagai manfaat yang dibawanya. Diantaranya yaitu kemampuannya membedakan visual wajah, objek dan latar belakang dalam tampilan layar dengan memperkaya tekstur dan detail untuk menjadikannya lebih mendekati sumber aslinya.

Disisi lain, fitur Dynamic Tone Mapping Pro bekerja membagi setiap gambar dalam blok dan menganalisisnya secara real time untuk mendeteksi area dengan berbagai tingkat kecerahan berbeda. Dengan optimasi HDR, hal ini memberikan efek kualitas gambar tiga dimensi. Sementara dengan fasilitas Personalized Picture Wizard, pengguna dapat melakukan kustomisasi kualitas gambar dengan memilih dari beberapa tampilan yang tersedia dari hasil pilihan proses gambar melalui deep learning.

Bahkan bagi konten yang tak dalam kualitas 4K, LG 98QNED89 memiliki AI Super Upscalling 4K. Dengan memanfaatkan kerja AI, fitur ini mampu memproses gambar dibawah kualitas 4K menjadi dalam nuansa 4K.

Bergerak pada sektor audio, adopsi kecerdasan buatan pada TV QNED LG ini memberikan fitur AI Sound Pro yang memberikan kualitas audio berkanal 9.1.2 surround sound secara virtual dari speaker yang terintegrasi. Menambah tenaga pada audio dengan perangkat sound bar LG pun semakin mudah berkat fitur WOW Orchestra yang bakal memproses audio dan memberi penggunanya pengalaman suara bernuansa 3D.

Khusus bagi pecinta gaming, dikatakannya, LG 98QNED89 ini dapat memberikan pengalaman gaming yang mengesankan. Diluar kelengkapan visual dan audio yang demikian tinggi, TV QNED LG terbaru ini dilengkapi kemampuan refresh rate mumpuni untuk memainkan game terkini dengan kebutuhan 120Hz. Masih ditambah lagi dengan dukungan fitur Motion Pro, memberi jaminan kenikmatan gaming yang membutuhkan pergerakan dinamis dan cepat tidak akan terlihat blur.

Bagi pecinta olahraga pun, TV 98QNED89 menyimpan keistimewaan. Berjalan lewat fitur Sport Portal, menggunakannya akan memastikan pengguna tak bakal ketinggalan kabar dari tim olahraga favoritnya.

Hal ini terkait dengan dua manfaat yang diberikan Sport Portal. Pertama, memberikan jadwal pertandingan terkini tim favorit. Untuk ini, pengguna bahkan dapat mendaftarkan sembilan cabang olahraga yang disukainya, sekaligus mendaftarkan hingga 20 tim didalamnya untuk menerima jadwal pertandingan masing-masing tim.

“Tak hanya itu, TV pun bakal memberikan pengingat berupa notifikasi yang muncul di layar TV bila tim favorit yang didaftarkan tengah bertanding. Termasuk diantara notifikasi ini yaitu saat memulai pertandingan, perubahan poin yang didapat dan hasil akhir pertandingan. Hal ini membuat pengguna tidak akan tertinggal kabar terkini tim favoritnya, meskipun tengah melakukan aktivitas lain dengan TV LG QNED ini,” ujar Park Jae Il.

Melengkapi kenyamanan penggunaannya, LG juga melengkapi TV 98QNED89 ini dengan versi terbaru webOS sebagai platform smart TV LG. Dengan versi terbaru ini, pengguna dapat membuat profil khusus pada TV yang dapat disesuaikan dengan pengalaman penggunaan mereka sebelumnya. Personalisasi tersebut akan membuat TV QNED LG terbaru ini dapat memberikan rekomendasi melalui interpretasinya pada pola dari penggunaan sebelumnya bagi masing-masing profil pengguna yang tersimpan.

Menambahkan kenyamanannya, tampilan utama antarmuka versi terbaru webOS ini dilengkapi dengan Dynamic Q Card. Tampilannya membagi menu TV dalam berbagai kategori seperti Home Office, Home Hub, Sports dan Game. Disisi lain, LG QNED TV 2024 ini juga mendukung konektivitas dengan Apple Airplay dan Chromecast untuk membuka peluang lebih luas bagi pengguna menikmati berbagai konten dari sumber lain yang terhubung.

Yang lebih membuatnya semakin Istimewa, diluar berbagai tawaran personalisasi yang lebih luas, LG melengkapinya dengan webOS Re:New program. Fasilitas ini memberikan penggunanya untuk dapat melakukan peningkatan pada webOS dengan versi terbaru hingga lima tahun mendatang.

“Puncak pada teknologi visual dan audio dengan dukungan kepintaran serta kenyamanan lebih yang ditawarkannya, menjadikan QNED TV LG ini sebagai pilihan utama bagi TV premium berbasis LED dengan layar ultra besar di Indonesia,” ujar Park Jae Il lagi.

Lebih lanjut bicara terkait ketersediaannya, Park Jae Il menyatakan, QNED TV LG terbaru ini telah tersedia di berbagai jaringan utama toko elektronik di Indonesia.(aln)