spot_img
27.4 C
Semarang
Sabtu, 28 Juni 2025
spot_img

LDR Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Rendahnya minat belajar siswa  dimasa pandemic disebabkan karena berbagai  hal salah satu diantaranya karena mereka asyik dengan berbagai macam permainan yang ada digawai masing masing.Demikian pula dengan siswa  kelas VI SD Negeri 2 Pandanarum,Kec.Pandanarum Kab.Banjarnegara mereka seolah enggan meninggalkan permainan digawai yang mereka punya. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri  bagi guru untuk Kembali menumbuhkan minat belajar siswa,sehingga guru mempunyai insiatif untuk mengadakan pembelajaran yang lebih menarik dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan metode LDR.

LDR adalah singkatan dari look,do and refleksi.Look berarti siswa melihat langsung apa yang akan dipelajari pada saat itu,do artinya siswa melakukan,setelah melihat dan mengamati siswa diharapkan bisa melakukan dengan baik sementara refleksi  adalah kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar dalam bentuk penilaian tertulis  dan lisan oleh guru dan siswa untuk mengekspresikan kesan konstruktif,pesan,harapan dan kritik terhadap proses pembelajaran.beberapa ahli Pendidikan mengatakan bahwa cara membangkitkan minat pada suatu subyek yang baru adalah dengan menggunakan minat minat yang telah ada,hal tersebut dikemukanan  oleh Taner dan Taner ( dalam Slamento,1991:138).

Baca juga:  Belajar Langsung Mampu Tingkatkan Gerak Dasar Lempar

Minat juga bisa dicapai dengan cara menghubungkan bahan pembelajaran dengan sesuatu yang sudah diketahui oleh siswa.mengembangkan minat terhadap sesuatu  pada dasarnya membantu siswa melihat bagaimana hubungan antara materi yang diharapkan untuk dipelajari dengan dirinya sendiri sebagai individu,proses ini berarti menunjukan pada siswa bagaimana pengetahuan dan kecakapan tertentu mempengaruhi dirinya  dan memuaskan kebutuhannya.Menurut M. Buchori (1999:135)pengertian minat adalah kesadaran seseorang, bahwa suatu objek, seseorang, suatu  soal  atau situasi mengandung sangkut  paut dengan dirinya. Jadi minat harus dipandang sebagai suatu sambutan yang sadar, kalua tidak demikian minat itu tidak memiliki arti sama sekali. Cony Semiawan (dalamPaimundkk, 1998:48)  mengatakan, bahwa pengertian minat adalah suatu keadaan mental yang menghasilkan respons terarah kepada suatu situasi atau obyek tertentu yang menyenangkan dan memberikan kepuasan kepadanya

Berdasarkan pengertian di atas maka  dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah kecenderungan yang mengarahkan siswa terhadap bidang-bidang yang ia sukai dan tekuni tanpa adanya keterpaksaan dari siapapun untuk meningkatkan kualitasnya dalam hal pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap.Minat  seseorang terhadap pelajaran dan proses pembelajaran tidak  muncul  dengan sendirinya akan tetapi banyak faktor yang dapat mempengaruhi munculnya minat.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa dengan Pembiasaan Berbahasa Jawa di Rumah dalam Kehidupan Sehari - Hari

Beberapa faktor yang dapat menimbulkan minat terhadap pelajaran, sebagai  berikut:Pelajaran akan menarik murid jika terlihat adanya hubungan antara pelajaran dan kehidupan nyata,bantuan yang diberikan guru terhadap anak didiknya dalam mencapai tujuan tertentu.,adanya kesempatan yang diberikan guru terhadap siswa untuk berperan aktif  dalam proses belajar mengajar,sikap yang diperlihatkan guru dalam usaha meningkatkan minat siswa, sikap seorang guru yang tidak disukai oleh siswa tentu akan mengurangi minat dan perhatian siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan oleh guru yang bersangkutan.

Obyek atau keadaan yang kekuatannya menarik akan menimbulkan minat misalnya menyelenggarakan  percobaan, menyelenggarakan berbagai  bentuk  keterampilan, mengadakan  pameran  karyawisata.  Masalahnya  berulang-ulang  terjadi,  jika berulang-ulang  terjadi  akan  mendorong  peserta  didik  membangkitkan  minat belajar  karena  masalah  tersebut  sering  muncul  sehingga  merupakan  suatu kebiasaan. Dan hasilnya adalah siswa kelas VI  SD Negeri 2 Pandanarum lebih antusias dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar dan lebih bermakna tentunya

 

Oleh Norman Yulia,S.Pd.SD

Guru SD Negeri 2 Pandanarum,Kec.Pandanarum,Kab.Banjarnegara

spot_img

TERKINI