Aktifkan Pembelajaran PPKn dengan Media Permainan Scramble

Rina Dwi Ochtaviani SDN 02 Timbulsloko Sayung Demak

Pembelajaran PPKn pada jenjang Sekolah Dasar (SD) kenyataannya bukan hanya mengembangkan pengetahuan siswa saja, tetapi dalam prosesnya juga melibatkan aspek-aspek kepribadian, moral, etika dan pembentukan karakter. PPKn berhubungan dengan apa yang sebenarnya akan mereka laksanakan dalam kehidupannya baik dilingkungan berbangsa dan bernegara. Menurut sunarso (2006:14) Tujuan mata pelajaran PPKn yaitu memberikan kompetensi  kepada  siswa  agar  mampu  berpikir  secara  kritis,  rasional,  dan  kreatif  dalam menanggapi  isu  kewarganegaraan.  Siswa  bisa berlatih menyatakan pendapat mengenai keberagaman baik individu maupun masyarakat dalam bernegara. Salah satu materi PPKn pada kelas III terdapat pada KD 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar dan KD 3.4 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

Baca juga:  Solusi PJJ selama pandemi Covid – 19 dengan WhatsApp

Aktivitas pembelajaran  PPKn di SDN 02 Timbulsloko Kecamatan sayung Kabupaten Demak masih berjalan seperti biasa. Aktivitas yang dilakukan hanya seputar penyampaian materi  , mencatat  materi, dan mengerjakan LKS, atau mengerjakan soal dari guru. Aktivitas  tersebut tidak bisa membuat siswa berfikir kritis. Siswa hanya mendapat ilmu dari apa yang ada dalam buku.  Padahal dalam mata  pelajaran PPKn siswa membutuhkan  penguasaan  materi yang  baik karena luasnya  kompetensi yang dipelajari dalam PPKn. Dari kebtuhan itu siswa perlu diberikan kesempatan untuk belajar menggunakan model pembelajaran yang Variatif  supaya siswa lebih bisa belajar deengan lebih bermakna.

Salah  satu  model  pembelajaran  yang  dapat  memperbaiki  proses  pembelajaran  PKn  di kelas III  SD  Negeri 02  Timbulsloko menggunakan  media  permainan scramble. Menurut Bisri (2013:160) Dengan menggunakan media permainan scramble kreatifitas siswa bisa diasah dalam menyusun  kata,  kalimat,  yang  acak  susunannya  dengan  susunan yang lebih bermakna. Penyusunan kata dan kalimat dapat   memperluas   pengetahuan   siswa,   sehingga   dapat   meningkatkan  berbagai kosakata.

Baca juga:  Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD dengan Peraga Benda Nyata

            Langkah Langkah pembelajaran PPKn dengan menggunakan media scramble adalah sebagai berikut : Pertama, Guru  menyampaikan  tujuan  pembelajaran dan dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait dengan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar. Kedua, Guru  mempersiapkan  kartu yang berisi lembar  soal  dan  kartu yang berisi lembar  jawab  yang  sudah diacak  jawabannya, selanjutnya guru   membagi   siswa   menjadi   4   kelompok   dan dibagikan kartu soal dan kartu jawaban secara acak. Setelah   itu kartu jawaban dikerjakan dengan baik.. Siswa  bekerja sama dalam  kelompok  sedangkan  guru  mengecek  pekerjaan  siswa  dengan  memeriksa  setiap kelompok. Ketiga, setelah waktu selesai guru meminta siswa untuk mengumpulkan Lembar kerja siswa dan mencocokan Bersama. Terakhir, guru  memberi  apresiasi  kepada  kelompok  yang  sudah  menjawab  dengan  benar  dan  memberi semangat kepada kelompok yang masih salah menjawab.

iklan
Baca juga:  Capai Ketuntasan Belajar matematika dengan TGT

Pembelajaran  PPKn  dengan menggunakan  media permainan scramble di SDN 02 Timbulsloko Kecamatan sayung Kabupaten Demak bisa dijadikan pilihan media alternatif dalam pembelajaran di kelas maupun diskusi kelompok bersama teman. Model  pembelajaran scramble juga bisa melatih Fokus dan kesabaran siswa karena  telah  disediakan  alternatif  jawaban yang  susunanya diacak .

 

Rina Dwi Ochtaviani

SDN 02  Timbulsloko

Sayung Demak

iklan