Pembelajaran PPKn pada jenjang Sekolah Dasar (SD) kenyataannya bukan hanya mengembangkan pengetahuan siswa saja, tetapi dalam prosesnya juga melibatkan aspek-aspek kepribadian, moral, etika dan pembentukan karakter. PPKn berhubungan dengan apa yang sebenarnya akan mereka laksanakan dalam kehidupannya baik dilingkungan berbangsa dan bernegara. Menurut sunarso (2006:14) Tujuan mata pelajaran PPKn yaitu memberikan kompetensi kepada siswa agar mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan. Siswa bisa berlatih menyatakan pendapat mengenai keberagaman baik individu maupun masyarakat dalam bernegara. Salah satu materi PPKn pada kelas III terdapat pada KD 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar dan KD 3.4 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
Aktivitas pembelajaran PPKn di SDN 02 Timbulsloko Kecamatan sayung Kabupaten Demak masih berjalan seperti biasa. Aktivitas yang dilakukan hanya seputar penyampaian materi , mencatat materi, dan mengerjakan LKS, atau mengerjakan soal dari guru. Aktivitas tersebut tidak bisa membuat siswa berfikir kritis. Siswa hanya mendapat ilmu dari apa yang ada dalam buku. Padahal dalam mata pelajaran PPKn siswa membutuhkan penguasaan materi yang baik karena luasnya kompetensi yang dipelajari dalam PPKn. Dari kebtuhan itu siswa perlu diberikan kesempatan untuk belajar menggunakan model pembelajaran yang Variatif supaya siswa lebih bisa belajar deengan lebih bermakna.
Salah satu model pembelajaran yang dapat memperbaiki proses pembelajaran PKn di kelas III SD Negeri 02 Timbulsloko menggunakan media permainan scramble. Menurut Bisri (2013:160) Dengan menggunakan media permainan scramble kreatifitas siswa bisa diasah dalam menyusun kata, kalimat, yang acak susunannya dengan susunan yang lebih bermakna. Penyusunan kata dan kalimat dapat memperluas pengetahuan siswa, sehingga dapat meningkatkan berbagai kosakata.
Langkah Langkah pembelajaran PPKn dengan menggunakan media scramble adalah sebagai berikut : Pertama, Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait dengan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar. Kedua, Guru mempersiapkan kartu yang berisi lembar soal dan kartu yang berisi lembar jawab yang sudah diacak jawabannya, selanjutnya guru membagi siswa menjadi 4 kelompok dan dibagikan kartu soal dan kartu jawaban secara acak. Setelah itu kartu jawaban dikerjakan dengan baik.. Siswa bekerja sama dalam kelompok sedangkan guru mengecek pekerjaan siswa dengan memeriksa setiap kelompok. Ketiga, setelah waktu selesai guru meminta siswa untuk mengumpulkan Lembar kerja siswa dan mencocokan Bersama. Terakhir, guru memberi apresiasi kepada kelompok yang sudah menjawab dengan benar dan memberi semangat kepada kelompok yang masih salah menjawab.
Pembelajaran PPKn dengan menggunakan media permainan scramble di SDN 02 Timbulsloko Kecamatan sayung Kabupaten Demak bisa dijadikan pilihan media alternatif dalam pembelajaran di kelas maupun diskusi kelompok bersama teman. Model pembelajaran scramble juga bisa melatih Fokus dan kesabaran siswa karena telah disediakan alternatif jawaban yang susunanya diacak .
Rina Dwi Ochtaviani
SDN 02 Timbulsloko
Sayung Demak