Serap Aspirasi Petani, Puan Maharani Bantu Alsintan Untuk Sukoharjo

BANTUAN : Penyerahan bantuan alsintan dari Puan Maharani melalui Bupati Sukoharjo pada petani Sukoharjo. Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos
JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Petani Sukoharjo mendapatkan bantuan sejumlah Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dari Ketua DPR-RI Puan Maharani. Bantuan dari penyerapan aspirasi pimpinan DPR-RI tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Sukoharjo Etik Sukoharjo pada petani melakukan Gapoktan, di kantor Dinas Bupati Sukoharjo, Jumat (27/8/2021).

“Mendukung tercapainya ketahanan pangan di Sukoharjo, perlu adanya percepatan tanam dan penanganan panen. Kali ini kita mendapatkan dukungan penuh dari Ketua DPR-RI Puan Maharani yang melalui serap aspirasi memberikan bantuan sejumlah Alsintan,” kata Bupati Sukoharjo Etik Suryani, saat menyerahkan bantuan alsintan dari Puan Maharani pada petani.

Bantuan Alsintan tersebut terdiri 7 unit Rice Tranplanter, 20 unit Traktor, 10 unit Pompa Air, dan 2 unit Cultivator, diberikan untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sukoharjo melalui Dinas Pertanian dan Perikanan.

Baca juga:  Transmart Pabelan Tampung 938 Produk UKM Soloraya

“Sekarang mencari tenaga di bidang pertanian sangat susah, makanya dengan adanya bantuan Alsintan dari Ibu Puan ini, sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi serta meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Bupati.

Selain itu, dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, dengan adanya Alsintan yang memadai diharapkan juga akan meningkatkan nilai tambah dan daya saing hasil pertanian dari petani di Kabupaten Sukoharjo.

iklan

Dengan pemanfaatan Alsintan (bantuan) ini diharapkan akan mendorong petani dalam meningkatkan produksi dan produksivitas komuditas pertanian di Sukoharjo,” imbuh Etik.

Plt Kepala Dinas Pertanian Sukoharjo, Bagas Windaryatmo mengatakan kebutuhan alsintan sangat penting untuk mempercepat peningkatan produksi hasil pertanian.

“Selain dapat dari sejumlah bantuan kita juga melakukan pengadaan alsintan baik melalui APBD kabupaten, Propinsi maupun APBN,” imbuh Bagas.

Baca juga:  Berjuang 11 Tahun Ijin Belum Keluar Jemaat Gereja Ibadah di Bawah Tenda

pada kesempatan sebelumnya, diketahui Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menaruh perhatian penuh pada perkembangan sektor pertanian sebagai ujung tombang sebuah bangsa.

Pertanian adalah urusan hidup matinya sebuah bangsa. Jangan sampai profesi petani di Indonesia makin ke depan makin tidak dilirik generasi muda dan akhirnya malah punah,” ungkap Puan dalam kesempatan panen raya di Malang Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Puan juga meminta pemerintah fokus menyelesaikan masalah di sektor pertanian. Di antaranya, mengatasi persoalan kelangkaan pupuk non subsidi, keterbatasan pupuk subsidi, dan rendahnya harga gabah. Selain itu, ia ingin agara segera mempercepat adaptasi teknologi. Dengan semakin cepat proses adaptasi, maka akan meningkatkan produktivitas sekaligus kesejahteraan petani.

Baca juga:  Kekeringan Sukoharjo Meluas, Kecamatan Bulu dan Weru Darurat Air Bersih

Puan berjanji DPR RI akan terus memaksimalkan fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran untuk bersinergi dengan pemerintah agar sektor pertanian maju dan petani sejahtera. (Dea/rit)

 

iklan