Media SAC Gairahkan Pembelajaran Informatika

Muhammad Faizin, S.Kom.

            Munculnya virus Covid-19 di Indonesia sampai saat ini telah mengubah metode pembelajaran dari tatap muka menjadi daring. Guru telah mengikuti berbagai pelatihan. Pelatihan dimaksudkan untuk meningkatan kompetensi guru dalam PJJ.  Salah satu pelatihan yang diikuti oleh guru adalah pembuatan media pembelajaran daring dengan aplikasi Smart Apps Creator  (SAC).

            SAC merupakan tool perangkat lunak yang dapat digunakan untuk pembuatan mobile apps multimedia dengan mudah dan cepat. Karakteristik SAC antara lain: tanpa coding, cara kerja seperti microsoft power point, dan tidak bisa mengedit komponen media langsung di worksheet/panel kerja.

https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2021/02/22/pemanfaatan-smart-apps-creator-untuk-membuat-media-pembelajaran-offline/

            Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam merancang mobile media adalah: 1) menentukan tujuan pembelajaran dan kompetensi; 2) membuat peta konsep; 3) membuat flowchart; dan 4) mengumpulkan aset media. Aset-aset yang diperlukan untuk pembuatan mobile media dengan menggunakan SAC adalah teks, audio (suara), image (gambar), dan video. Setelah semua aset dikumpulkan maka selanjutnya seorang guru akan lebih mudah membuat mobile media.


Baca juga:  Tingkatkan Pemahaman Aspek Sejarah Peradaban Islam Melalui Videoscribe Sparkol

.https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2021/02/22/pemanfaatan-smart-apps-creator-untuk-membuat-media-pembelajaran-offline/
Pada pembelajaran Informatika, materi Jenis-jenis Jaringan Komputer di kelas 8B semester 1, SMP Negeri 2 Ungaran, Tahun Ajaran 2021/2022, guru menggunakan media Smart Apps Creator (SAC).  Guru membuat media pembelajaran SAC yang dapat diakses oleh siswa melalui ponsel atau Handphone Android. Dengan materi yang sudah didesain oleh guru dalam bentuk SAC,  siswa dapat mempelajarinya dengan mudah, karena berbentuk video pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

            Siswa dapat meng-klik tombol anak panah atau menggeser layar handphone, untuk mempelajari materi dan gambar yang tersaji dalam media pembelajaran SAC yang dikirimkan oleh guru. Hal ini membuat siswa semakin bergairah dalam mengikuti pembelajaran Informatika terutama pada materi Jenis-jenis Jaringan Komputer di kelas 8B semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022.

            Pada materi Jenis-jenis Jaringan Komputer guru mengajar di kelas 8B SMP Negeri 2 Ungaran. Guru menginformasikan pembelajaran melalui WAG. Kemudian guru mengajak siswa untuk masuk ke Google Classroom (GC). Pada forum GC guru meng-share link presensi  dan materi SAC. Siswa diminta untuk membuka dan mempelajari materi Jenis-jenis Jaringan Komputer yang ada dalam video SAC yang telah dibuat oleh guru. Kemudian guru mengajak siswa untuk berdiskusi dan bertanya jawab di Forum GC tentang materi. Siswa dapat menyampaikan pertanyaan pada guru apabila belum paham tentang materi di forum GC. Pada akhir pembelajaran guru menyampaikan simpulan dan memberikan evaluasi melalui Google Form agar dapat dengan mudah merekap nilai siswa. Guru menutup pembelajaran dengan salam.

Baca juga:  Hari Esok yang Penuh Ceria

            Media pembelajaran berbasis android yang terbuat dari Smart Apps Creator dapat digunakan secara offline oleh siswa, sehingga tidak perlu menggunakan jaringan internet. Penyebaran media ke siswa dapat dilakukan dengan cara manual yaitu dengan cara mentransfer data. Oleh karena itu, media pembelajaran SAC ini perlu dikembangkan oleh guru karena efektif dan efisien. Guru dapat dengan mudah menyampaikan materi dengan tulisan, gambar, dan suara serta musik. Siswa pun dapat memahami dengan mudah karena bisa memutar kembali media SAC di handphonenya.

            Manfaat mengajar dengan menggunakan SAC antara lain: 1) mengurangi kebosanan sehingga siswa lebih semangat. 2) quiz pada SAC dapat berbentuk game sehingga siswa menjadi senang karena dapat bermain game. 3) bisa dibuka tanpa harus ada jaringan internet, 4) bisa diinstal di handphone siswa sehingga bisa diputar berulang-ulang. Terbukti dengan media SAC ini siswa menjadi bergairah dalam pembelajaran Informatika. Media SAC ini perlu dipraktikkan oleh guru dalam pembelajaran yang lain.

Baca juga:  Metode Permainan Kartu Tingkatkan Hasil Belajar Matematika

Oleh Muhammad Faizin, S.Kom.

Guru Informatika SMP Negeri 2 Ungaran, Kabupaten Semarang