Guru manusia dewasa yang mempunyai keahlian tertentu untuk membimbing, mendidik dan mengajar peserta didik di sekolah .Anak yang berusia 7 tahun ke atas dinamakan peserta didik. Guru dan peserta didik selalu ada hubungan baik selama di sekolah Guru menerapkan berbagai cara agar peserta didiknya mudah memahami pelajaran Berbagai pendapat tentang metode pembelajaran anatara lain :Pervical, Fred & Elington, Henry (1984) menyatakan bahwa metode adalah cara untuk menyampaikan pelajaran kepada peserta didik atau mempraktikkan teori yang telah dipelajari dalam rangka mencapai tujuan.
Pemilihan metode dalam pembelajaran sangat penting, karena ketepatan dalam memilih metode sangat berpeluang bagi terciptanya kondisi yang kondusif dan menyenangkan sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien sehingga peserta didik meraih hasil belajar sesuai yang diharapkan. Dalam konteks kondisi pembelajaran yang menyenangkan itu, Ivon K. Davies (1981) menegaskan bahwa suatu kegiatan pembelajaran tidak selalu menjamin peserta didik akan dapat belajar.
Hal ini menunjukkan bahwa sebaik apapun seorang guru dalam merancang atau mendesain suatu program pembelajaran, program tersebut tidak dapat mewujukan ketercapaian kompetensi yang diharapkan secara optimal, apabila tidak didukung oleh pemilihan metode yang tepat. Teknik pembelajaran seringkali disamakan artinya dengan metode pembelajaran.
Teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik ke arah tujuan yang ingin dicapai (Gerlach dan Ely, 1980).metode pengajaran menjadi salah satu unsur dalam strategi belajar mengajar. Unsur seperti sumber belajar, kemampuan guru dan siswa, media pendidikan, materi pengajaran, waktu tersedia, kondisi kelas dan lingkungan merupakan unsur-unsur yang mendukung dalam belajar-mengajar Teknik Pembelajaran :Teknik Ceramah.Teknik Diskusi.Teknik Tanya Jawab.Teknik Penugasan.Teknik Simulasi.Teknik Inquiry.
Teknik Eksperimen.Teknik Karya Wisata. Pada saat pandemi ini pembelajaran dilaksanakan secara PJJ Daring maka bagaimana usaha guru untuk mengemas pembelajaran lewat dunia maya tiadak membosankan bagi peserta didik. Ada beberapa cara yang dapat di buat oleh seorang guru dalam pembelajaran PJJ Daring diantaranya adalah melalui fasilitas , google classroom, google meet dan google form, guru dan peserta didik dapat berkomunikasi dengan baik dan tidak monoton dengan hanya mendengarkan video, ceramah,dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh seorang guru. Peserta didik dapat mengungkapkan pendapatnya ,menjawab secara langsung dan mengerjakan kuis yang diberikan oleh seorang guru dengan antusias dan menunggu pelajaran apalagi yang akan peserta didik pelajari. Kelebihan pembelajaran PJJ Daring yaitu Proses pembelajaran dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh keharusan pengajar dan peserta didik untuk berada di ruang dan waktu yang sama. Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi sebagai media pembelajaran menimbulkan biaya yang lebih rendah.
Materi ajar dan berbagai interaksi dalam bentuk tulisan yang dikemas secara digital memungkinkan peserta didik untuk dapat membaca kembali berulang-ulang informasi yang tercatat di dalamnya. Sedangkan kekurangan pembelajaran PJJ daring adalah Minimnya kontak langsung antara pengajar dan peserta didik memperlambat proses terbangunnya relasi sosial dan nilai-nilai yang menjadi tujuan dasar dari pendidikan.Rendahnya kontrol orangtua peserta didik terhadap proses pembelajaran sebagai implementasi dari cara belajar mandiri. Maka dari itu seorang guru harus meningkatkan kompetensinya dengan cara Melek TIK agar pembelajaran menjadi menyenangkan bagi peserta didik . Ingat slogan Belajar Tiada Henti ,tanpa belajar dunia menjadi kelam .
Oleh : Joelickah,S.Pd
Kepala SDN 5 Tubanan,Kembang,Jepara