Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat diharapkan mampu memberikan dampak yang positif bagi dunia Pendidikan. Pada era revolusi 4.0 yang saat ini lebih dikenal dengan era digitalisasi telah merambah ke berbagai sector termasuk Pendidikan. Hal ini dapat menjadi media yang sangat efektif dan efisien untuk digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan dapat diciptakan melalui penggunaan berbagai macam model atau metode pembelajaran, salah satunya dengan pemanfaatan game edukatif. Game sebagai media pembelajaran yang diintegrasikan dengan materi atau soal – soal evaluasi diharapkan dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Hal ini sependapat dengan Henry (2010: 53 – 54) yang mengemukakan tentang dampak positif penggunaan game yang salah satunya adalah game menyenangkan dan menghibur serta game memberikan latihan untuk pemecahan masalah dan logika.
Mata pelajaran matematika secara umum dipandang oleh siswa kelas V SDN 1 Randulawang sebagai mata pelajaran yang sulit. Sampai saat ini masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dan merasa takut untuk belajar matematika.Hal ini dikarenakan pembelajaran yang monoton ataupun karena tidak begitu menyenangkannya belajar matematika. Salah satu alternatif yang bisa digunakan guru untuk memberikan pembelajaran matematika yang menyenangkan yaitu dengan game quizizz. Game quizizz adalah aplikasi pendidikan berbasis game, yang membawa aktivitas multi pemain ke ruang kelas dan membuatnya di kelas latihan interaktif dan menyenangkan (Purba. 2019: 5). quizizz memungkinkan siswa untuk saling bersaing dan memotivasi mereka belajar sehingga hasil belajar bisa meningkat. Siswa mengikuti kuis pada saat yang sama di kelas dan melihat peringkat langsung mereka di papan peringkat.
Quizizz memiliki fitur unggulan yang dapat membantu guru dan murid berinteraksi lewat evalusi/kuis yang menyenangkan. Layaknya bermain, siswa tidak merasa sedang dilakukan asesmen terhadap mereka. Quizizz berinovasi dengan fitur baru yaitu menggunakan mode kertas atau paper mode. Quizizz paper mode merupakan solusi bagi siswa yang terkendala keterbatasan kepemilikan gadget, karena tidak semua siswa memiliki HP atau masih menggunakan HP orang tua. Terutama untuk siswa di jenjang sekolah dasar. Maka, fitur baru ini sangat membantu sehingga siswa tidak lagi harus membawa HP saat melakukan asesmen atau kuis.
Langkah- langkah dalam menggunakan quizizz paper mode yaitu: 1) download aplikasi quizizz di HP lalu masuk dengan akun yang telah dimiliki, 2) pilih sebuah kuis dengan soal pilihan ganda kemudian pilih mode kertas atau paper mode, 3) print kartu QR dan bagikan kepada siswa, 4) mulai atau selenggarakan kuis di laptop, pertanyaan dapat ditampilkan di layar proyektor, pastikan akun quizizz di hape sama dengan akun quizizz di laptop, 5) pindai jawaban siswa pada kartu QR melalui aplikasi quizizz di HP, 6) hasil kuis siswa dapat dilihat pada menu laporan dan dapat diunduh untuk dianalisis. Setelah dilaksanakan evalausi pembelajaran matematika pada siswa kelas V dengan menggunakan quizizz paper mode terbukti siswa lebih bersemangat dan antusias dalam mengerjakan soal evaluasi. Hal ini menjadikan hasil belajar matematika siswa dapat meningkat.
Oleh
Endah Kusumawati, S.Pd.
Guru SDN 1 Randulawang
Kecamatan Jati Kabupaten Blora