Matematika merupakan ilmu yang membahas angka dan perhitungannya, masalah numerik, kualitas dan besaran, hubungan pola, bentuk dan struktur. Selain itu matematika juga merupakan salah satu ilmu dasar yang paling sering digunakan dalam segala sektor kehidupan. Menurut Soedjadi (2000: 44), tujuan diajarkannya matematika pada pendidikan Sekolah Dasar adalah memberikan tekanan pada penataan nalar dan pembentukan sikap peserta didik sehingga menumbuhkan kemampuan peserta didik yang nantinya dapat dialihkan melalui kegiatan matematika.
Pembelajaran matematika yang terjadi di kelas III Semester 2 SD Negeri 4 Dimoro tentang menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung, masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami materi ajar. Peserta didik rata-rata masih sulit memahami soal yang diberikan oleh guru. Selain itu, peserta didik masih menganggap soal yang diberikan guru dalam bentuk uraian itu bersifat abstrak. Perlu adanya media yang digunakan dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.
Pembelajaran matematika yang membutuhkan pemikiran abstrak salah satunya adalah materi pengukuran waktu, bentuk materi tentang pengukuran waktu diantaranya menentukan letak jarum jam, membaca dan menuliskan tanda waktu jam, serta menentukan lama suatu kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan pengukuran waktu menjadi penting karena kemampuan tersebut sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari seperti mengatur dan membiasakan peserta didik untuk disiplin menggunakan waktu sebaik mungkin serta mengembangkannya hingga usia dewasa. Hal ini berkaitan dengan kehidupan sehari-hari karena berhubungan dengan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan di kehidupan sehari-hari, misalnya peserta didik harus mengetahui pukul berapa ia berangkat sekolah.
Penerapan media jam pintar diharapkan dapat mengatasi masalah yang terjadi di dalam kelas tersebut. Pukul berapa ia pulang sekolah serta aktivitas-aktivitas lainnya. Menurut Lusiana (2018:34) Peserta didik akan bertahan dan aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media yang sesuai karekteristik perkembangan peserta didik. Media peraga konkret tersebut berupa Jam Pintar. Jam Pintar berbeda dengan alat peraga jam biasa karena memiliki bagian yang telah dimodifikasi jika dibandingkan alat peraga jam biasa. Hasil modifikasi memungkinkan peserta didik untuk mengidentifikasi selisih waktu misal dari pukul 09.00 menuju pukul 12.00 terdapat selisih 3 jam. Menurut Zainal Aqib (2009:46) alat permainan edukatif (APE) adalah alat bermain yang dapat melakukan kegiatan rangsangan dan dorongan memperlancar perkembangan kemampuan peserta didik. Setiap peserta didik senang dan menyukai bermain, dengan bermain mereka akan menemukan pengalaman, ide-ide yang dapat memotivasi mereka untuk belajar.
Sintak penerapam media jam pintar dalam pembelajaran matematika adalah 1) Siapkan soal uraian yang akan kita berikan kepada peserta didik. 2) Tunjuk angka salah satu yang terdapat pada media jam pintar yang sesuai dalam pertanyaan. 3) Cari dan hitung terlebih dahulu dimana yang cocok antara soal uraian tersebut. 4) Apabila sudah menemukan dimana letak angka maka itulan jawaban dari soal 5) Lalu tempatkan angka tersebut pada pasangan gambar yang sesuai dengan angka yang kita pegang. 6). Apabila sudah menemukan dimana letak pasangan bilangannya, angka tersebut kita letakkan pada posisi yang tepat
Penggunaan media jam pintar membuat peserta didik dapat menentukan lama suatu kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam media jam pintar terdapat bermacam- macam gambar dan warna-warna yang mencolok atau cerah, sehingga peserta didik akan tertarik melalui permainan ini. Peserta didik akan dilatih melalui panca inderanya supaya peka terhadap sesuatu yang ada dilingkungannya dan mengembangkan seluruh aspek perkembangan peserta didik.
Oleh JASMI’AH, S.Pd.SD
Guru Kelas III SD Negeri 4 Dimoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan