Hal pokok dalam pembelajaran adalah kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar adalah proses interaksi timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Pengajaran yang menarik akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari materi yang diajarkan. Karena perhatian siswa tertarik dengan materi yang diajarkan maka siswa akan berusaha terus menggali dan mencari sehingga akan berdampak pada keaktifan dan peningkatan hasil belajar siswa.
Usaha menciptakan kondisi pembelajaran yang melibatkan peran aktif peserta didik membutuhkan kemampuan pendidik dalam menerapkan metode pembelajaran yang tepat. Ketepatan pemilihan metode pembelajaran menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Bermacam metode pembelajaran dapat kita pilih. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah metode Picture and Picture.
Model pembelajaran picture and Picture adalah suatu model pembelajaran dengan cara menggunakan gambar yang dipasangkan atau diurutkan secara logis. Pembelajaran ini memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Model pembelajaran Picture and picture menggunakan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar dapat disajikan dengan bentuk dan warna yang menarik sehingga menarik perhatian siswa.
Model pembelajaran Picture and picture memiliki keunikan tersendiri. Gambar-gambar pada metode Picture and Picture memiliki keterhubungan antara satu dengan yang lain secara berurutan, namun sengaja diacak, hal ini bertujuan agar siswa dapat menyusunnya menjadi urutan gambar yang logis. Meskipun tampak sederhana dan terlalu mudah untuk dilakukan oleh peserta didik, namun metode ini dapat menumbuhkan daya interaktivitas dan potensi pada peserta didik.
Model pembelajaran Picture and Picture yang diterapkan di kelas 2 SD dalam pembelajaran Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Metode Picture and Picture ini dapat diterapkan pada pembelajaran Membersihkan Diri dan Lingkungan. Menyusun gambar kegiatan membersihkan diri dan lingkungan yang dilakukan dari bangun tidur hingga tidur malam oleh siswa kelas 2 akan meningkatkan daya ingat siswa, sehingga siswa semangat dalam menyusun gambar secara urut dan logis. Dengan menyajikan gambar kegiatan sehari-hari ini siswa akan aktif terlibat dalam pembelajaran yang menyenangkan.
Langkah-langkah penerapan model pembelajaran Picture and Picture pembelajaran Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat adalah sebagai berikut: (1) Guru menyampaikan keoada siswa tentang kompetensi yang ingin dicapai. (2) Guru menyajikan materi pembelajaran. (3) Menunjukkan gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran. (4) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, dengan anggota maksimal satu kelompok 5 anak. (6) Guru memberikan gambar kegiatan membersihkan diri dan lingkungan kepada setiap kelompok . (7) Siswa bekerjasama mengurutkan gambar dan menulis hasil kerja kelompoknya. (8) Perwakilan setiap kelompok membacakan hasil kerja kelompok. (9) Pembahasan hasil kerja kelompok bersama-sama dan kesimpulan.
Metode Picture and Picture mempunyai banyak kelebihan. Kelebihan metode Picture and Picture adalah anak lebih tertarik dengan materi pelajaran karena menggunakan gambar. Dengan disajikan gambar anak akan merasa senang. Melihat dan menyusun gambar bagi anak akan terasa seperti bermain. Dengan demikian anak akan belajar sambal bermain, sehingga anak tidak merasa bosan. Gambar yang disajikan acak akan meningkatkan keaktifan siswa untuk menyusunnya dengan urutan yang logis. Anak akan berusaha mengurutkan gambar sesuai dengan pengalaman mereka sehari-hari. Dengan metode Picture and Picture keaktifan siswa akan meningkat.
DWI MEI WULANDARI, S. Pd
Guru SD Negeri 2 sulursari
Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan