Edugame Wordwall Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Era digitalisasi yang semakin berkembang, sangat mempengaruhi dunia Pendidikan. Penguasaan teknologi sudah menjadi keharusan dan merupakan gaya hidup masyarakat bahkan anak-anak. Bagi seorang pendidik, penguasaan teknologi merupakan kompetensi yang harus dimiliki sehingga bisa mengembangkan pembelajaran sesuai dengan jamannya. Tanpa kita sadari, para siswa pun sudah tidak bisa lepas dari teknologi berupa handphone.

Pada saat penerimaan rapot, 75% orang tua mengeluhkan tentang bagaimana anak-anaknya yang tidak bisa lepas dari handphone sehingga mengganggu proses belajar mereka. Melihat hal ini, maka sebagai seorang pendidik perlu mencari cara agar proses belajar siswa tetap berjalan menyenangkan dan relevan dengan perkembangan jaman. Seorang guru harus memiliki kecakapan dalam menentukan media pembelajaran yang tepat guna dan mempertimbangkan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran

Menurut Azyumardi Azra, dalam menghadapi era globalisasi ini, peran Pendidikan adalah mempersiapkan anak bangsa baik secara individual maupun sosial, supaya memiliki etos kerja dan motivasi untuk beradaptasi aktif dalam aktualisasi dan institusionalisasi Masyarakat yang madani (Azyumardi:2006). Kurikulum Merdeka yang diimplementasikan saat ini memberikan keleluasaan bagi guru dalam merancang pembelajaran di kelas dan tidak terpaku dalam penggunaan buku teks sebagai bahan belajar siswa. Maka pemanfaatan game edukasi bisa menjadi alternatif media belajar bagi siswa.

Baca juga:  Kuasai Satuan Baku dengan Model Pembelajaran SFAE

Wordwall merupakan aplikasi berbasis website yang dpat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran seperti kuis interaktif, memasangkan pasangan kata, acak kata, anagram dan masih banyak jenis permainan lainnya. Guru dapat memanfaatkan aplikasi wordwall ini secara gratis dan bisa merancang sendiri 5 jenis permainan disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Semua jenis mata pelajaran bisa dibuatkan permianannya dengan mudah tinggal mencari jenis permainan yang sesuai. Siswa dapat memainkan edugame wordwall ini melalui handphone mereka masing-masing. Selama bermain tanpa disadari banyak informasi yang akan masuk kedalam otak mereka tanpa harus belajar dengan metode menghafal seperti jaman dulu.


            Sama seperti game online, Wordwall yang berbasis game ini akan menampilkan daftar rangking perolehan skor yang bisa dilihat langsung oleh siswa masing-masing. Hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk terus bermain dan memperoleh skor yang tertinggi. Kelebihan lain dari Wordwall, aplikasi edugame ini bisa dimainkan kapanpun dan dimanapun serta guru tetap bisa memantau perolehan skor siswa melalui akun Wordwall yang dimilikinya. Ketika dirumah siswa tetap bisa memainkannya sebagai media belajar mereka.

Baca juga:  Mendalami Keragaman Kegiatan Masyarakat Melalui Group Investigation

Media pembelajaran menggunakan edugame Wordwall ini sudah dilaksanakan kepada siswa kelas VB SD Negeri Rejosari 01 Semarang tahun Pelajaran 2023/2024. Mata Pelajaran yang dibuat dalam bentuk Wordwall adalah Bahasa Indonesia, Matematika, IPAS, Pendidikan Pancasila dan Bahasa Inggris. Lima mata Pelajaran tersebut juga dibuat menjadi lima permainan yang berbeda-beda sehingga siswa tidak bosan memainkannya. Setiap permainan dapat dimainkan selama seminggu dan setiap minggunya guru akan mengganti isi materi permianan disesuaikan dengan materi yang diajarkan dikelas.

Pelaksanaan dalam rentang waktu sebulan sudah menunjukkan dampak positif bagi siswa. Siswa merasa senang dalam  memainkan edugame Wordwall dan tanpa disadari ketika mereka bermain sebenarnya mereka sedang belajar. Orang tua juga tidak merasa khawatir lagi tentang anak-anak yang tidak bisa lepas dari handphone karena melalui handphone mereka tetap bisa belajar. Dampak positif lainnya juga terlihat dari hasil nilai asesmen formatif yang terus meningkat setiap minggunya.

Baca juga:  Ratusan Guru di Magelang Antusias Belajar Menulis Artikel

 

Adiani Yuniartanti, S.Pd

SD Negeri Rejosari 01 Semarang