Inilah Nomer Urut Tiga Paslon Pilwalkot Salatiga

UNDIAN: Undian nomer urut Paslon Pilkada Salatiga.( foto: dekan/ jateng pos)

JATENGPOS. CO. ID, SALATIGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga secara resmi menetapkan nomor urut pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Salatiga untuk Pilkada 27 November mendatang, Senin (23/9/2024).

Berdasarkan hasil sidang pleno terbuka penetapan nomor urut, setelah melalui undian nomer urut, paslon nomor urut 1 jatuh pada dr. Robby Hernawan dan Nina Agustin yang diusung Partai Gerindra, Demokrat, dan 11 partai non parlemen lainnya.

Kemudian, untuk Paslon Juan Rama-Sri Wahyuni yang diusung partai tunggal PKB mendapat nomor urut 2. Sedangkan pasangan Sinoeng-Budi dari koalisi PDIP, PKS, Nasdem, dan PAN mendapatkan nomor urut 3.

Ketua KPU Kota Salatiga Yesaya Tiluata mengatakan, pasca penetapan nomor urut para paslon secara sah bisa menggunakan urutan nomor untuk bahan alat peraga kampanye (APK).

iklan
Baca juga:  Peringati Hari Ibu, Pak Dirman Bagikan Susu Segar

” Penetapan ini dilakukan setelah pasangan bakal calon melalui berbagai tahapan yang disyaratkan termasuk verifikasi berkas administrasi serta tes pemeriksaan kesehatan seluruh pasangan bakal calon,” ujarnya.

Yesaya menambahkan tahapan untuk menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait pasangan bakal calon yang dibuka dari 15 hingga 18 September 2024, tidak mendapatkan tanggapan. “Jadi tidak ada tanggapan yang masuk, nihil masukan,” kata Yesaya.

Dikatakan Yesaya, masa kampanye resmi dimulai pada tanggal 25 September sampai 23 November. ” Jadi, masing-masing paslon bisa menggunakan masa kampanye untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat,” pungkasnya.

Setelah penetapan nomer urut pasangan calon, masing- masing paslon menandatangani pakta pemilu damai yang diikuti oleh masing- masing ketua partai pengusung dan partai pendukung.

Baca juga:  Sampaikan LKPJ di Depan DPRD, Mbak Ita Paparkan Beberapa Keberhasilan Pemkot Semarang

Sementara itu dari pantauan,undian momer urut, pengundian berlangsung ramai karena masing- masing paslon dikawal oleh puluhan pendukungnya. Mereka bersahut- sahutan meneriakkan yel- yel dukungan terhadap paslonnya masing- masing. Namun demikian, situasi tetap aman dan tertib.( deb/jan)

iklan