Timnas Indonesia Latihan Perdana

JATENGPOS.CO.ID, BAHRAIN – Hari Minggu (07/10/2024), rombongan Timnas Indonesia yang terbang dari Jakarta membawa pemain yang dipanggil dari kompetisi BRI Liga 1 tiba di Bahrain. Minggu malam waktu setempat, Timnas Indonesia langsung menjalani latihan bersama sang pelatih Shin Tae-yong.

Skuad Timnas Indonesia memang belum lengkap, beberapa pemain abroad masih harus memperkuat tim masing-masing.

Namun melalui keterangan resmi yang didapat Bola.com hari Senin pagi WIB, Shin Tae-yong menyebut anak asuhnya mengalami jet lag. Penerbangan Jakarta-Bahrain memang menempun waktu sekitar sepuluh jam.

“Karena memang dari semalam (melakukan perjalanan udara), perjalanan lama sampai di sini, jadi fokus hari ini adalah pemulihan, dan besok diupayakan masuk ke latihan taktik,” ujar Shin Tae-yong.

iklan

Hanya saja Shin Tae-yong melihat skuad Timnas Indonesia tidak punya masalah adaptasi cuaca di Bahrain. “Untuk cuaca tidak jadi masalah karena sekarang jam 6, kita latihan jam 6 pun udaranya sejuk saja, dan memang cuaca gak jadi masalah untuk adaptasi. Paling yang jadi masalah adalah jet lag,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.
Timnas Indonesia saat ini menghuni posisi keempat di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan koleksi dua poin. Indonesia tertinggal empat poin dari pemuncak klasemen, Jepang, dan tertinggal dua poin dari tim peringkat kedua, Arab Saudi.

Hanya dua tim teratas yang otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Sedangkan tim peringkat ketiga dan keempat akan memainkan putaran keempat kualifikasi untuk memperebutkan tiket-tiket tersisa.

Baca juga:  Peluang MU Gaet Trofi

Timnas Indonesia dijadwalkan menggelar latihan perdana di Bahrain pada malam ini. Latihan akan diikuti para pemain yang sudah berada di Bahrain. Malam Ini Latihan Perdana di Bahrain, Senin Pagi Skuad Timnas Indonesia Diharapkan Lengkap. Timnas Indonesia Dijadwalkan Latihan Perdana di Bahrain malam ini.

Selain 11 pemain Liga 1 yang berangkat dari Jakarta, pemain yang sudah bergabung dengan tim di Bahrain adalah bek KV Mechelen, Sandy Walsh. Ini diketahui dari unggahan Sandy di akun Instagram pribadinya.

Kesebelas pemain dari Liga 1 yang dimaksud di antaranya Ernando Ari (Persebaya), Nadeo Argawinata (Borneo FC), Rizky Ridho (Persija), Muhammad Ferarri (Persija), Wahyu Prasetyo (Malut United), Ricky Kambuaya (Dewa United FC), Egy Maulana Vikri (Dewa United FC).

Lalu ada juga Witan Sulaeman (Persija), Dimas Drajad (Persib), Malik Risaldi (Persebaya), dan Hokky Caraka (PSS Sleman). Para pemain tersebut diperkirakan tiba di Bahrain sekira pukul 13.00 WIB dan langsung disambut oleh para pendukung Timnas Indonesia.
Adapun dari foto yang diunggah Sandy di fitur stories, terlihat juga dua pemain lain yang tertangkap kamera. Mereka adalah Ivar Jenner (Jong Utrecht) dan Marselino Ferdinan (Oxford United).

“Jadwal sudah ada, jadi para pemain yang berangkat malam ini (kemarin) diperkirakan besok (hari ini) kita akan sampai di Bahrain, lalu malam kita akan latihan. Itu sudah terbiasa, jadi kita jadwal sudah ada,” kata manajer Timnas Indonesia, Sumardji, kepada awak media di Jakarta, kemarin.

Baca juga:  Hujan Badai Tropis Kammuri Bayangi Pembukaan SEA Games Filipina 2019

Sementara itu, pemain lainnya akan bergabung di Bahrain dengan jadwal kedatangan berbeda-beda. Jika melihat aktivitas di akun Instagram para pemain, tampak Thom Haye bertolak menuju Bahrain dari Belanda sejak Sabtu (05/10/2024) malam dan diperkirakan juga sudah bergabung dengan rekan-rekannya pada saat ini.

Kemudian, sekitar pukul 16.00 WIB, Ragnar Oratmangoen, pemain asal FCV Dender, juga mengunggah foto yang menunjukkan dirinya sedang berada di dalam pesawat yang akan terbang dari Brussels, Belgia.

Total, Shin Tae-yong memanggil 27 pemain ke skuad Timnas Indonesia untuk menghadapi Bahrain dan China pada laga lanjutan Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Laga kontra Bahrain digelar pada Kamis (10/10/2024), sedangkan lawan China berlangsung 15 Oktober 2024.
“Besok (hari ini) itu kita akan bertemu bersama-sama di Qatar dan sebagian akan bergabung dengan kita, tetapi ada flight berikutnya. Secara keseluruhan itu, Senin (6/10) pagi (waktu Bahrain) semuanya para pemain sudah kumpul, termasuk Maarten Paes,” tutur Sumardji.

Timnas Indonesia menggelar latihan perdana jelang menghadapi Bahrain berlangsung di Hamad Town Youth & Sports Ground, Minggu (06/10/2024). Sesi latihan dimulai pada pukul 18.00 waktu setempat.

Latihan perdana ini diikuti para pemain yang sudah bergabung dengan tim di Bahrain. Jika berpatokan pada gambar atau video yang dibagikan PSSI kepada awak media, total pemain yang bergabung dalam latihan perdana berjumlah 15 orang.

Baca juga:  Digaji Como Rp 52 M

Adapun ke 15 pemain itu di antaranya Ernando Ari (Persebaya), Nadeo Argawinata (Borneo FC), Rizky Ridho (Persija), Muhammad Ferarri (Persija), Wahyu Prasetyo (Malut United), Ricky Kambuaya (Dewa United FC), Egy Maulana Vikri (Dewa United FC).
Lalu ada juga Witan Sulaeman (Persija), Dimas Drajad (Persib), Malik Risaldi (Persebaya), Hokky Caraka (PSS Sleman), Thom Haye (Almere City FC), Ivar Jenner (Jong Utrecht), Sandy Walsh (KV Mechelen), dan Marselino Ferdinan (Oxford United).

Kondisi para pemain tersebut dilaporkan cukup baik. Dalam latihan perdana semalam, pelatih Shin Tae-yong fokus ke pemulihan fisik pemain setelah menempuh perjalanan panjang dari tempatnya masing-masing ke Bahrain.

“Pemain belum semua kumpul, jadi belum bisa dicek semuanya. Tapi yang sudah ada di sini secara keseluruhannya baik. Karena kami menempuh perjalanan lama sejak semalam (Sabtu malam) untuk sampai di sini, jadi fokus hari ini (semalam) ke pemulihan dan besok (hari ini) akan masuk ke latihan taktik,” ucap Shin Tae-yong.

Setelah latihan itu berakhir, kapten Timnas Indonesia yang bermain di Venezia, Jay Idzes, tampak sudah bergabung. Ini diketahui dari unggahan video yang diunggah akun resmi Timnas Indonesia di Instagram melalui fitur stories.
“Hai, Garuda Fans. Saya sudah di sini dan kami butuh dukungan untuk pertandingan selanjutnya (lawan Bahrain) dan juga pertandingan di China. Kita Garuda,” kata Idzes. (bol/riz)

iklan