Smartfren Gandeng Whale Cloud

Gunakan AI untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

KERJASAMA- (ki-ka) Vincent Qiu, Vice President of Asia Pacific, Whale Cloud; Bhaskar Chakraborty, CSCO, Smartfren; Umesh Gupta, CIO, Smartfren; Angelita Patricia Komala, Contract Management, Smartfren; dan Mr. Vico Liu, Country Representative of Indonesia, Whale Cloud dalam penandatanganan perjanjian kerja sama Smartfren dengan Whale Cloud. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID,  JAKARTA – Demi memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, Smartfren bekerja sama dengan Whale Cloud Technology Co., Ltd., perusahaan terkemuka dalam penyediaan solusi perangkat lunak telekomunikasi dan industri, untuk peningkatan teknologi ZSmart Multi-Channel Campaign Management (MCCM). Teknologi tersebut adalah sebuah solusi end-to-end yang dapat secara cerdas memprediksi kebutuhan pelanggan, sehingga perusahaan dapat mengelola beragam program serta layanan pelanggan dengan cepat dan efektif.

Saat ini Smartfren merupakan operator telekomunikasi dengan cakupan 4G terluas di Indonesia, yang pasar selulernya tengah berkembang pesat. Jangkauan pasar yang luas merupakan kunci untuk berkembang, sehingga sangat penting untuk menjadi lebih dekat serta merangkul pelanggan melalui pemasaran multi-saluran.

Baca juga:  Lagi, PLN Salurkan Bantuan Oksigen ke 7 Rumah Sakit di Jateng

“Whale Cloud sudah lama menjadi mitra terpercaya Smartfren, Keberhasilan kami menggunakan solusi BSS telah mendorong kami untuk memperpanjang kerja sama. Memakai ZSmart MCCM, kami berharap bisa melibatkan lebih banyak pelanggan dan memberikan mereka program pemasaran yang lebih efektif, relevan, dan cerdas dengan memanfaatkan dukungan teknologi artificial intelligence atau machine learning,” ujar Jagbir, CTIO Smartfren.

Menggunakan teknologi ZSmart MCCM terbaru, lanjutnya, Smartfren akan secara signifikan meningkatkan kecepatan respon terhadap kebutuhan pelanggan di berbagai saluran, antara lain aplikasi MySmartfren, WhatsApp, email, SMS, USSI, call center, dan media sosial. Sistem terbaru ini juga dapat memberikan wawasan komprehensif guna meningkatkan relevansi penawaran atau layanan di seluruh siklus akuisisi, konversi, dan retensi.


Baca juga:  Kartu Tani Jadi Era Baru Sejahterakan Petani

Selain itu, ZSmart MCCM dapat mengevaluasi efektivitas program pemasaran sehingga perusahaan meningkatkan relevansinya terhadap pengalaman pelanggan.

“Perusahaan yang fokus pada pengalaman pelanggannya akan bisa melampaui kompetisi yang terjadi. Namun tidak dapat dipungkiri, perkembangan saluran pemasaran masa kini juga memicu tantangan. Terutama dalam hal memberikan pengalaman yang konsisten untuk pelanggan. Karena itu kami senang sekali telah dipilih oleh Smartfren. Menggunakan ZSmart MCCM, Smartfren akan bisa memberikan pengalaman yang mulus dan konsisten apapun saluran yang digunakan,” jelas Ben Zhou, Whale Cloud International.(aln)