Ada 194 Desa di Pati Rawan Kekeringan

AIR BERSIH: Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Desa Kalimulyo, Kecamatan Jakenan. FOTO: IST FOR JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID,  PATI – Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Desa Kalimulyo, Kecamatan Jakenan yang menjadi salah satu daerah sulit air di Kabupaten Pati, Rabu (30/08).

Penyaluran air bersih turut dihadiri Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Pati, M. Budi Prasetya, Camat Jakenan, dan warga setempat.

Pj Bupati Pati juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Pati terdapat 194 desa yang berpotensi terjadi kekeringan, tetapi yang mengkhawatirkan ada 58 yang perlu diakselerasi.

Ia pun menjelaskan penyaluran air bersih ini merupakan bentuk akselerasi dan membutuhkan kerja sama dari berbagai elemen masyarakat.
..
“Mudah-mudahan ini menjadi satu kebersamaan kita, karena untuk droping air ini tidak hanya mengandalkan dari BPBD saja, tetapi dari beberapa elemen masyarakat, dari CSR, dan kemarin ada juga dari PG Pakis dan PG Trangkil”, tutur Pj Bupati Pati.

Untuk penyaluran air bersih di Desa Kalimulyo kali ini, pihaknya menyalurkan 3 tangki air bersih.

Salah satu warga setempat, Gunarso menyampaikan bahwa kekeringan di Desa Kalimulyo sudah terjadi sekitar 3 minggu.

“Untuk kekeringan sendiri sudah terjadi 3 mingguan, untuk itu terima kasih kami ucapkan kepada Pemda, mudah-mudahan dengan bantuan air bersih ini, masyarakat terbantu, sehingga tidak antri sampai malam hari”, ujarnya.

Gunarso berharap bantuan air bersih bisa terus ditambah apalagi saat dibutuhkan, ia juga berharap debit air PDAM bisa ditambah. (fn/AP/ida)