AHM Best Student 2023 Kembali Digelar, Begini Cara Daftarnya

*Total Hadiah Rp120 Juta

- AHM BEST STUDENT- AHM Best Student 2023 kembali digelar dengan total hadiah mencapai 120 juta rupiah. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Kembali mewujudkan Sinergi Bagi Negeri, salah satu ajang bergengsi untuk unjuk karya dan kreativitas yang ditunggu – tunggu oleh siswa siswi SMA/SMK se-Indonesia yaitu AHM Best Student 2023 kembali digelar dengan total hadiah mencapai 120 juta rupiah.
Pendaftaran lomba bertajuk “Gen Z Kuat, Indonesia Hebat” ini telah dibuka sejak 15 Maret hingga 20 Juli 2023 mendatang.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut guna mengajak generasi muda mengangkat kepedulian serta menjawab isu global melalui karya kritis, kreatif, terstruktur, dan bermanfaat untuk negeri Indonesia tercinta.

AHMBS 2023 digelar dengan menyajikan dua kategori perlombaan, yakni kategori ide dan kategori invensi dengan mengangkat isu ekonomi, sosial, serta lingkungan seperti yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s).

Gen Z yang menjadi siswa sederajat SMA/SMK dengan tahun ajaran 2022 – 2023 dapat menuangkan karya terbaiknya di kategori Ide yakni gagasan karya atau konsep yang diwujudkan dalam bentuk minimal satu purwarupa atau sampel atau prototype, belum dibuat secara massal, dan belum dijual ke masyarakat umum. Ide yang masih dalam tahap konsep tetap memperhatikan unsur kemudahan penerapan dengan hasil berupa prototype.

Sementara itu pada kategori Invensi, para siswa dapat mempresentasikan karya sudah terwujud dalam produksi yang sudah digunakan minimal 3 bulan dan dibuat lebih dari 1 unit, sudah dijual ke masyarakat. Karya di Invensi ini sudah bisa diuji dampak yang dihasilkan bagi masyakarat berupa produk atau jasa.

Karya Gen Z akan melalui seleksi berjenjang hingga 6 tahapan. Seleksi dimulai dengan seleksi administrasi, dilanjutkan bertarung di tingkat regional hingga nasional melalui makalah dan presentasi.

Kegiatan penjurian AHMBS dilakukan pada periode Agustus – Oktober 2023 dengan melibatkan alumni AHMBS, praktisi, akademisi hingga para profesional di setiap bidang dan Awarding dibulan November 2023. AHMBS tahun ini juga mengapresiasi para guru yang tanpa lelah membina siswa untuk terus berprestasi.

Bagi Gen Z wilayah Jawa Tengah yang ingin mengikuti kegiatan ini dapat melakukan pendaftaran secara gratis (tidak dipungut biaya apapun) melalui link pendaftaran bit.ly/RegistrasiAHMBS2023_Jateng dan mengirimkan makalah melalui email budi.sriyono@hso.astra.co.id. Adapun bagi pelajar yang ingin mendaftar dan masih awam dengan kegiatan lomba ini dapat juga mengecek bit.ly/AHMBS2023 yang telah dilengkapi dengan berbagai informasi dan petunjuk pembuatan makalah secara mudah, cara membuat materi presentasi yang menarik dan video kreatif sesuai dengan kategori yang diikuti atau dapat juga bertanya langsung kepada PIC AHMBS dari Main Dealer Astra Motor Jateng di email budi.sriyono@hso.astra.co.id ini.

Para siswa multitalenta yang juga aktif di bidang sosial dan keagamaan, budaya dan olahraga dapat mengikuti kompetisi ini sesuai dengan minatnya sejalan dengan 17 indikator SDG’s.
Ronaldo Widjaja selaku Region Head Astra Motor Jateng mengajak agar setiap Gen Z atau pelajar SMA/SMK di Jawa Tengah dapat menyampaikan gagasan dan karya kreatif terbaiknya dalam menghadapi kompetisi global sesuai dengan semangat AHMBS yakni creative, care & confident.

“Semangat Sinergi Bagi Negeri ini ingin kami teruskan bagi seluruh Gen Z di Jawa Tengah karena ajang AHMBS ini merupakan wadah bagi generasi penerus bangsa ini untuk turut berpartisipasi membangun negeri dan berkarya secara kreatif dengan menjunjung tinggi kepedulian terhadap Indonesia,” ucap Ronaldo.

Segala informasi terkait program AHMBS 2023 wilayah Jawa Tengah juga akan diupdate pada akun Instagram @hondajateng lengkap dengan syarat & ketentuan, timeline, serta link atau barcode pendaftaran. Daftarkan dirimu sekarang dan tunjukkan karya terbaikmu!(aln)