Aji Incar Poin Penuh

Persebaya Surabaya vs Persis Solo Rabu (21/12/2022) pukul 15:00 WIB Live Indosiar

Sho Yamamoto

JATENGPOS.CO.ID,  SLEMAN – Persebaya Surabaya akan berhadapan dengan Persis Solo pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogyakarta, Rabu (21/12/2022) sore pukul 15:00 WIB, disiarkan langsung Indosiar.

Performa Persebaya Surabaya dan Persis Solo hampir sama. Tiga laga terakhir mereka di BRI Liga 1, kedua tim gagal menang. Bedanya, Persebaya mendapat dua poin. Sedangkan, Persis hanya mampu mendapat satu poin.

Persebaya mencetak 17 gol dan kebobolan 20 kali dari 15 laga. Bajul Ijo mendapat 18 poin. Sementara, Persis mencetak 19 gol dan kebobolan 19 kali. Jumlah poin yang didapat Laskar Sambernyawa adalah 15 dari 15 laga.

Persebaya dan Persis sudah saling kenal. Mereka pernah berjumpa pada laga uji coba, November 2022 lalu. Pada duel tersebut, Persebaya meraih kemenangan dengan skor 5-1. Namun, hasil tersebut diyakini tak menjadi gambaran kekuatan kedua tim.

Persebaya mencadangkan sejumlah pemain utama di laga melawan Persija. Hal tersebut diyakini tidak akan dilakukan saat berjumpa Persis. Persebaya bakal tampil full team. Hal yang sama berlaku pada kubu Persis Solo.

Kinerja lini belakang Persebaya belum membaik. Empat laga terakhir, mereka telah kebobolan enam gol. Namun, kabar baiknya, lini serang Persebaya mulai mampu mendulang gol lewat aksi Sho Yamamoto dan Silvio Junior.

Persis dalam kondisi yang sulit. Fernando Rodriguez gagal mencetak gol pada tiga laga terakhir. Namun, kembalinya duet Fabiano Beltrame dan Jaime Xavier di jantung pertahanan bakal membuat Persis lebih kuat dari sebelumnya.

Tiga kali gagal meraih kemenangan, pelatih Persebaya Aji Santoso tak ingin gagal di pertandingan melawan Persis Solo di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Dalam konferensi pers, Aji mengatakan di pertandingan melawan Persis Solo besok, dia ingin berusaha mendapatkan tiga poin. Aji tak ingin mengulang kesalahan di pertandingan sebelumnya,
“Untuk pertandingan besok kami berusaha ingin mendapatkan poin 3 dimana pada pertandingan sebelumnya kami bisa menang dan seri dua kali kalah satu kali makanya kita berusaha mencuri poin,” ungkap Aji, Selasa (20/12/2022).

Pelatih asal Malang itu menjelaskan, dia menyampaikan ke seluruh pemain untuk benar-benar fokus di pertandingan melawan Persis Solo. Dengan jeda libur tiga hari sebelum pertandingan melawan Persis, tim asal Surabaya sudah melakukan persiapan sebelum pertandingan meskipun timnya melakukan latihan ringan.

Ryo Matsumura

Sementara itu, Alta Ballah, salah satu pemain Persebaya mengatakan jika para pemain sudah siap dalam kondisi fit dan siap bertanding. “Kalau persiapan kemarin terakhir setelah lawan Persija jeda libur agak lama kemarin sempat diliburkan sehari oleh coach dan semua dalam kondisi fit jadi siap untuk pertandingan besok,” cetusnya.

Sebelum menghadapi Persis di pekan 16 Liga 1 2022/2023, Persebaya tercatat punya rekor unggul kala bertemu klub dari Jawa Tengah dan Jogyakarta. Mereka selalu mendulang tiga poin sempurna sejauh ini.

Hingga pekan 15, Persebaya telah melewati dua laga menghadapi klub dari Jawa Tengah dan Jogyakarta. Mereka pertama kali menang saat melawan PSIS Semarang dengan skor 1-0 pada 23 Agustus 2022. Mereka kembali menang saat mencukur PSS Sleman 0-1 pada 27 Agustus 2022.

Samsul Arif bisa dikatakan sebagai pemain yang harus diwaspadai Persebaya kala berhadapan dengan Persis di pekan 16 Liga 1 2022/2023. Bukan tanpa alasan, hal ini lantaran striker 37 tahun itu sempat jadi andalan Bajol Ijo pada musim 2021/2022 lalu.
Samsul Arif tercatat telah membela Persebaya dalam 33 laga di Liga 1 musim lalu. Meski begitu, ia hadir dengan mengenakan warna jersey yang berbeda pada 2022/2023 ini. Ia jadi salah satu mesin gol Persis dengan rekor tiga gol dalam 13 laga terakhir.

Laga Persebaya versus Persis di pekan 16 Liga 1 2022/2023 diprediksi bakal menyajikan laga yang menarik syarat akan bergengsi. Belum lagi, sangat menarik juga menanti duel kedua pemain asing Asia yang mereka miliki.

Persebaya dan Persis sama-sama punya pemain asing Asia yang tampil produktif di Liga 1. Sho Yamamoto merupakan salah satu mesin gol bagi Persebaya. Sedangkan, Persis punya Ryo Matsumura sebagai pemain tersubur. Kedua pemain asal Jepang itu telah mencetak lima gol sejauh ini.

Bagi Persebaya, laga melawan Persis bisa dianggap sebagai laga yang cukup berat di pekan 16 Liga 1 2022/2023. Hal itu terjadi karena Persis memiliki skuad kedalaman yang mumpuni saat ini.

Persis punya beberapa pemain ternama yang sering malang melintang di ajang tertinggi Liga Indonesia. Setidaknya, ada enam pemain yang dimaksud seperti Irfan Bachdim, Fabiano Beltrame, Ferdinan Alfred, Jaimerson Xavier, dan Abduh Lestaluhu. Prediksi skor Persebaya Surabaya 1 – 1 Persis Solo. (bol/riz)

Prediksi Pemain
Persebaya Surabaya (4-3-2-1) : Ernando Ari; Koko Ari Araya, Leo lelis, Riswan Lauhim, Alta Ballah; M. Hidayat, Alwi Slamat, Brylian Aldama; Higor Vidal, Sho Yamamoto; Silvio Junior. Pelatih : Aji Santoso.
Persis Solo (4-2-3-1) : Gianluca Pandeynuwu Gavin Kwan, Jaimerson Xavier, Fabiano Beltrame, Abduh Lestaluhu; Alexis Messidoro, Sutanto Tan; Irfan Bachdim, Ryo Matsumura, Irfan Jauhari; Fernando Rodrigues. Pelatih : Leonardo Medina.