AKBP Heru, Sosok Dibalik Layar Kasus Sabu 51 Kg

AKBP Heru Dwi Purnomo SIK Msi Kasubdit 1 Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – Belum lama ini Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng berhasil mengungkap kasus penyelundupan Sabu sebanyak 51 kg dan 35.000 butir Pil Ekstasi. Prestasi tersebut tentu sangat membanggakan, apalagi dengan jumlah barang bukti sebanyak itu artinya Polda Jawa Tengah berhasil menyelamatkan ratusan ribu jiwa dari ancaman bahaya Narkotika.

Namun, tidak banyak yang tahu bagaimana dibalik layar ungkap kasus tersebut.  Ternyata, Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng melalui Subdit 1 yang langsung dipimpin oleh Kasubdit 1 yakni AKBP Heru Dwi Purnomo SIK Msi telah melakukan penyelidikan kasus tersebut sejak dua bulan terakhir.

AKBP Heru menceritakan bahwa truk pengangkut sabu yang disamarkan dengan minuman kemasan tersebut sebenarnya sudah cukup lama masuk Jateng. Namun putar arah ke Bandung, sempat ke Kalimantan setelah darisana  masuk ke Jawa Timur. Kemudian balik lagi ke arah Barat.

“Jadi truk ini sudah lama muter-muter, untuk apa? Dari hasil pemeriksaan tentu untuk mengelabuhi petugas, kemudian kurir ini menunggu perintah dari bandarnya. Mereka menunggu perintah dimana barang ini akan dikirim,” katanya.

Setelah dua bulan lamanya, AKBP Heru akhirnya memutuskan untuk menangkap pelaku di Banten tidak menunggu lagi masuk ke Jateng dengan alasan supaya ada barang bukti dengan jumlah banyak. Jika menunggu masuk Jateng, menurut AKBP Heru barang bukti bisa saja sudah berkurang karena telah diturunkan di tempat lain terlebih dahulu sebelum masuk Jateng.

“Waktu itu saya ijin dengan Bapak Dirnarkoba untuk langsung menangkap pelaku di Banten tanpa harus menunggu masuk ke Jateng. Ternyata benar, barang bukti yang kami dapatkan sangat banyak,” paparnya.

Ternyata AKBP Heru bukan orang baru didunia Reserse Narkoba, jauh sebelumnya pria asal Trenggalek Jawa Timur ini pernah menjabat sebagai Kasatnarkoba Polrestabes Surabaya. Saat bertugas disana hasil ungkap kasusnya juga tidak kaleng-kaleng.

Pernah juga menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Malang, Waka Polres Trenggalek kemudian sempat bertugas di Subdit Indagsi Polda Jatim lalu berkesempatan mengikuti Sempim tahun 2023.

Mendapat kepercayaan sebagai Kasubdit 1 Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng sejak akhir 2023 lalu hingga saat ini. Beliau merupakan Alumni Akpol tahun 2006.(akh)