Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Aktifkan Ketrampilan Berbicara Dengan Aplikasi Viva Video

Aktifkan Ketrampilan Berbicara Dengan Aplikasi Viva Video

207
Barorotul Aifa’iyah, S.Pd. Guru SMP Negeri 1 Candiroto Kabupaten Temanggung
Barorotul Aifa’iyah, S.Pd. Guru SMP Negeri 1 Candiroto Kabupaten Temanggung

Seringkali kita mengalami kesulitan dalam mengumpulkan hasil tugas penilaian ketrampilan berbicara pada siswa dikarenakan adanya banyak alasan yang dikemukakan oleh para siswa. Bukannya berhasil tepat waktu namun yang terjadi malah molor dan pada akhirnya kerepotan kembali kepada diri kita sendiri  karena beban pekerjaan semakin banyak dan dengan sendirinya penilaian ketrampilan menjadi terbengkelai juga.

Sementara Penilaian ketrampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa sangat penting. karena ketrampilan berbicara sebagai sarana untuk mengajarkan dan melatih komunikasi dengan lisan untuk menyampaikan ide, gagasan, perasaan dan segala kondisi emosional sesorang guna memperluas wawasan dan  ilmu pengetahuan.  (Nurhadi,1995:342), Namun tidak semua siswa mampu mengungkapkannya secara mudah, yang ada mereka malah menjadi diam. Permasalahannya ternyata cukup sederhana, mereka takut salah, malu dan alasan lain yang membuat mereka enggan berbicara didepan teman-temannya.

Disisi lain  dalam prinsip-prinsip pembelajaran kurikulum 2013 kita dituntut harus bisa memberikan seperangkat pelayanan pembelajaran yang bermutu baik segi pengembangan kreatifitas siswa di lingkungannya dalam suasana  yang  menyenangkan, dan menyediakan pengalaman belajar dengan beragam strategi kekinian ( Budiono.dion.kurikulum.blokspot.com.22.11.2018.jam 09.09.WIB), termasuk berbasis teknologi sehingga nantinya siswa diharapkan mampu belajar senang tanpa merasa terbebani lagi

            Untuk meminimalisir adanya beban siswa dan  beberapa alasan menghindar dari para siswa SMP kelas 7 dalam  mempresentasikan hasil ketrampilan berbicara bahasa Inggris terutama pada  Chapter 2 KD.2.1 tentang Introducing oneself, kami memanfaatkan sesuatu yang sedang banyak di sentuh oleh para siswa remaja yaitu dengan tekhnologi berupa hp android menggunakan aplikasi viva video.

Viva video ini adalah sebuah free video editor, yaitu sebuah alat sunting video yang memungkinkan untuk bekerja dengan video dan gambar dengan kolase yang menarik yang  direkam dari hp android, ( Clsudia 571blogspot.com.22.11.2018.08.00) saat ini video jenis ini  sedang diminati oleh banyak kalangan remaja    ( menurut data opini mengenai viva video terhadap 27 remaja, 20 menyatakan memakai viva video dan 4 yang lain belum mengunduh, sementara 3 yang lain menyatakan tidak tahu) Aplikasi viva video selain  sangat menarik,  video ini juga bisa memuat rekaman gambar hidup  dengan durasi cukup lama dan tawaran fitur yang menyenangkan.

Pertama, Siswa diminta saling merekam antar teman, atau merekam diri sendiri dan setelah itu bisa meneruskan pada fase montase dengan cara menambahkan jenis transisi seperti memotong, memudar atau menerapkan berbagai filter sampai bisa menampilkan video yang sangat menarik dan menakjubkan.

Kedua, Setelah selesai merekam dan mengedit sedemikian rupa, siswa dapat mengirim video ke Whatshapp guru. Setelah semua rekaman terkumpul dan tersimpan, selanjutnya guru bisa menayangkan video hasil ketrampilan berbicara para siswa melalui layar di depan kelas. Setelah melihat beberapa video yang ditayangkan di depan kelas, para siswa bisa saling melihat penampilan berbicara dirinya sendiri dan teman yang lain dan bahkan bisa saling mengevaluasi.

Setelah saling mengevaluasi, ternyata tidak terasa siswa sudah menyelesaikan tugas berbicara tentang Introduce Oneself dengan lancar tanpa malu dan secara tidak langsung mereka juga sudah bisa belajar menciptakan sesuatu yang menarik dan kreatif. Alhasil tugas guru dalam menilai tidak terbengkelai lagi, karena penilain seperti ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Barorotul Aifa’iyah, S.Pd.

Guru SMP Negeri 1 Candiroto

Kabupaten Temanggung