Beranda Politik Anies: Semua Ingat Peran Sudirman di Balik KPK

Anies: Semua Ingat Peran Sudirman di Balik KPK

251
Bakal calon gubernur Jateng Sudirman Said (dua dari kanan) tampak bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Ketua DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono dalam pengumuman bakal cagub Jateng, Rabu (13/12).

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Anies Baswedan hadir saat deklarasi pencalonan Sudirman Said sebagai Cagub Jateng oleh Partai Gerindra. Dia pun menyatakan Sudirman punya peran dalam pemberantasan korupsi.

“Semua orang yang bekerja di dalam pendirian KPK atau pun transparansi integritas pasti punya ingatan peran Pak Sudirman Said di balik KPK yang kita kenal saat ini,” ujar Anies usai deklarasi cagub Jateng di kediaman Ketum Gerindra, Prabowo Subianto, Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/12).

Anies menyatakan Sudirman sudah memiliki kompetensi sebagai pemimpin. Mantan menteri ESDM itu juga disebut memiliki integritas yang baik.

“Karena itu kompetensinya ada, integritas ada, kedekatan dengan kenyataan ada, rasanya resep untuk memimpin Jateng sudah ada di SS (Sudirman Said),” kata Anies.

Gubernur DKI yang diusung Gerindra ini kemudian memuji Prabowo. Hal tersebut lantaran Prabowo mau mengusung calon yang bukan kadernya sendiri. Di Pilgub DKI, Prabowo juga mengusung Anies yang bukan kader Gerindra.

“Gerindra sudah membuktikan bahwa Pak Prabowo memilih untuk menomor satukan rakyat di atas kepentingan lain. Dan pilihan ini mudah-mudahan menjadi pelajaran bagi semua bahwa RI ini didirikan untuk semua kepentingan rakyat,” ucap mantan Mendikbud ini.

“Dan siapapun yang berada di wilayah politik maka dia bekerja untuk kepentingan rakyat dan untuk kepentingan negara. Hari ini Gerindra membuktikan lagi. Pak SS selamat berjuang,” sambung Anies.

Dia lalu membandingkan soal kampanye di Jateng dan DKI Jakarta. Anies menyatakan Jateng kondisi geografisnya lebih sulit.

“Jateng lebih luas. Jakarta bisa naik mobil ke mana saja cepat. Satu hari bisa kampanye cepat, 10 sampai 15 titik dan Insyaallah di Jateng meskipun jangkauan luas perjuangan pasti besar,” tutur dia.

Soal apakah berat atau tidak untuk Sudirman kampanye di Jateng, Anies tak mau menjawab gamblang. Dia juga memberi apresiasi kepada Waketum Gerindra Ferry Juliantono yang dengan lapang dada menerima untuk tidak dicalonkan partainya di Pilgub Jateng.

“Berat atau ringan itu soal perasaan dan saya percaya dengan tim yang sudah lengkap Insyaallah perjuangan sudah ditunaikan dan meraih kemenangan. Dan saya ingin sampaikan terima kasih dan apresiasi pada mas Ferry yang telah menjadi bagian dari proses ini menunjukkan kematangan demokrasi,” paparnya.

Anies menyebut dipilihnya Sudirman sebagai bakal Cagub Jateng oleh Gerindra bukan merupakan perjuangan individu atau perorangan. Dia yakin kader-kader Gerindra akan ikut berjuang bersama untuk memenangkan Sudirman.

“Semua yang sudah terlibat dalam proses Insyaallah akan mendukung sama-sama untuk memastikan perubahan di Jateng. Selamat kepada pak Prabowo yang menunjukkan sikap kenegarawanan,” sebut Anies.

Anies juga punya pesan khusus untuk Sudirman Said. “Sebuah jalan mendaki akan dimulai dan perjalan mendaki mengantarkan ke puncak-puncak dan puncak baru di sana. Akan bisa melakukan perubahan,” tutupnya.(tmp/udi)