26.6 C
Semarang
Kamis, 14 Agustus 2025

Mengatasi Kejenuhan PJJ Dasar Desain dengan ‘Quizizz”

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia tak terkecuali Indonesia, dunia pendidikan di Indonesia terpaksa memindahkan proses pembelajaran yang semula di sekolah dipindahkan ke rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Hal ini sesuai dengan surat edaran Menteri Pendidikan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (Covid-19) tertanggal 24 Maret 2020 salah satunya adalah kebijakan belajar dari rumah (Daring).

PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang sudah berjalan lebih dari 1 tahun ini mengalami banyak kendala salah satunya, peserta didik semakin kurang antusias mengikuti pembelajaran, dikarenakan rasa jenuh. Pembelajaran terkesan hanya siklus pemberian materi dan pengumpulan tugas yang menjemukan. Maka dari itu diperlukan adanya penyegaran media pembelajaran dengan memaksimalkan teknologi yang sudah ada, salah satunya dengan aplikasi‘Quizizz”.

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. (Ovrina Resti Arisandi,S.Pd., M.TPd.,2020)

Aplikasi quizizz bisa di koneksikan dengan google classroom. Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran online menggunakan Quizizz yang dikoneksikan dengan googleclassroom adalah, (1) guru membuat akun pada Quizizz, (2) guru membuat materi pembelajaran sebagai bahan belajar peserta didik dan tugas untuk dikerjakan (3) guru membagikan tautan undangan Quizizz di google classroom kepada peserta didik untuk bergabung masuk kelas, (4) peserta didik bergabung ke quizizz untuk melaksanakan kegiatan belajar, berinteraksi dengan guru serta mengerjakan tugas yang diberikan guru (5) peserta didik memainkan kuis dengan bersaing dengan teman lainnya (6) guru menilai keaktifan peserta didik yang sudah bergabung di quizizz untuk kemudian melihat data rekap nilai atau hasil kuis.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Praktik Tari dengan Saposi Digital

Penggunaan Quizizz ini tidak wajib dikoneksikan dengan googleclassroom. Guru bisa langsung membagikan link untuk masuk game di Quizizz lewat Whattapps, lewat email atau media yang lainnya. Guru juga bisa berbagi kuis untuk sesama pengajar melalui fitur berbagi dengan instruktur.

Kelebihan quizizz  bagi peserta didik adalah melatih kejujuran, karena soal yang ditampilkan diacak dan waktu pengerjaan bisa diatur dengan waktu tertentu.  Dengan quizizz  ini peserta didik seperti berada dalam sebuah permainan atau game , dimana mereka bisa melihat dan berkompetisi dengan teman-temannya secara langsung. Game ini dibuat seru dan menyenangkan karena terdapat musik yang memacu semangat dan gambar yang lucu di setiap jawaban yang benar ataupun salah.

Baca juga:  Adobe Flash Solusi Pembelajaran Prakarya di Masa Pandemi

Keuntungan quizizz bagi guru adalah memudahkan dalam hal mengolah nilai dan menganalisis butir soal, karena quizizz secara otomatis sudah melakukan dua pekerjaan tersebut. Nilai peserta didik pada saat mengerjakan quizizz bisa langsung diunduh berupa file excel. Laporan pekerjaan peserta didik tercantum lengkap dengan jawaban masing-masing peserta didik. Analisis butir soal serta prosentase keberhasilan peserta didik dalam mengerjakan juga sudah bisa langsung ditampilkan. Hasil nilai dan laporan pekerjaan peserta didik ini dalam waktu singkat dapat diketahui setelah semua peserta didik mengerjakan quizizz.

Sejauh ini penggunaan quizizz sangat membantu sekali untuk mengatasi kejenuhan pembelajaran di kala pandemi, khususnya untuk mapel teori Dasar Desain di SMK N 3 Surakarta. Sedangkan mapel dengan ranah C3 yang menuntut praktek pada pembelajaran, sistem PJJ daring ini kurang maksimal, sehingga tatap muka tetap diperlukan agar pembelajaran dapat berjalan maksimal.

Semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir dan kegiatan belajar mengajar terutama praktik dapat dilaksanakan secara tatap muka, sehingga pembelajaran dapat menghasilkan anak didik yang berkompeten sesuai dengan bidang keahliannya masing- masing.

 

Oleh : Suci Rachmila Murti, S.Pd

Guru SMK Negeri 3 Surakarta


TERKINI

Tampil Ciamik Pramusim

Ada Pemeriksaan Mamografi Gratis di Kendal

Pemkab Kendal Adakan Job Fair 2025

Pemkot Sambut Kehadiran RSI Tunas Harapan

Rekomendasi

Lainnya