Peran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sangatlah penting terkait dengan pembentukan karakter dan kepribadian siswa. Pendidikan Agama Islam mempunyai peran utama dalam menyatukan tatanan nilai pada kompetensi pengetahuan, dan kompetensi ketrampilan yang diaktualisasikan dalam sikap maupun watak Islami. Menurut Abdul Malik (2018:52) Tantangan Pendidikan Agama Islam di sekolah umum terletak pada cara penyampaian kompetensi inti dan kompetensi dasar agar mampu membentuk karakter siswa. Salah satu materi pokok PAIBP yang dipelajari oleh siswa kelas VI adalah Iman Kepada Qadha dan Qadar. Materi ini mencakup Kompetensi Dasar (KD) 3.5 Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
Kegiatan pembelajaran PAIBP di SDN 03 Menawan Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogab pada siswa kelas VI masih belum maksimal. Kegiatan pembelajaran yang terjadi hanya searah. Pada saat guru menyampaikan materi masih banyak siswa yang tidak mengikuti penyampaian materi oleh guru . Pada Pemahaman dan penguasaan materi dari siswa masih kurang dan siswa menjadi kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Dampak yang diperoleh bisa dijumpai pada penilaian harian masih banyak yang belum tuntas. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan memilih metode pembelajaran yang menarik.
Quantum Learning adalah, strategi belajar yang dapat meningkatkan pemahaman dan daya ingat, serta menjadikan belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat Menurut Hernacki (2011: 16) model Quantum Learning sangatlah mengesankan karena memberikan pengalaman baru kepada siswa yang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga materi yang diajarkan menjadi suatu hal yang menarik untuk dipelajari. Adapun langkah langkah pembelajaran Metode Quantum Learning adalah sebagai berikut : Pertama Guru menyampaikan tujua pembelajaran. Selanjutnya guru memberikan apresepsi seputar Qadha dan Qadar. Kedua, Guru memberikan informasi awal tentang definisi dari Qodho dan Qadar. Kemudian penjelasan materi, dan sementara itu siswa dapat menuliskan informasi penting yang mereka peroleh. Setelah itu siswa dibagi secara acak untuk berdiskusi. Guru memperdengarkan music instrumental disela sela siswa mengerjakan soal diskusi. Ketiga, kegiatan praktik siswa dilakukan setelah mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru pada lembar jawab, siswa dapat mengumpulkan informasi dan menamai hasil pengamatannya. Keempat, kesempatan diberikan kepada siswa untuk menunjukkan kemampuannya dalam mengerjakan latihan soal. Guru menunjuk kelompok secara acak agar salah satu perwakilan kelompok dapat mendemonstrasikan hasil diskusinya di depan kelas. Kelima, Pada tahap ini pengulangan kembali secara singkat tentang materi Qodlo Qodhar agar siswa lebih memahami materi tersebut. Terakhir reward atau hadiah diberikan Guru bisa dalma bentuk hadiah maupun skor nilai tertentu untuk merayakan keberhasilan pembelajaran dari siswa.
Pembelajaran PABP dengan model pembelajaran Quantum Learning pada siswa kelas VI SDN 03 Menawan Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan dapat mengembangkan dan melatih sikap, nilai dan keterampilan siswa. Siswa tidak hanya menguasai materi yang diberikan guru, namun siswa dapat memahami yang dipelajari dan mampu menjawab serta menyelesaikan soal soal dengan baik. Dilihat dari ketuntasan klasikal hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 70,2% meningkat menjadi 83%, dengan demikian indikator keberhasilan telah tercapai dengan baik.
Muhamad Syaifudin,S.Pd.I
Guru PABP di SDN SDN 03 Menawan Kecamatan Klambu Grobogan