26.2 C
Semarang
Jumat, 15 Agustus 2025

Efektifkan Pembelajaran PABP dengan Quantum Learning.

Peran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sangatlah penting terkait  dengan pembentukan karakter dan kepribadian siswa. Pendidikan Agama Islam mempunyai peran utama dalam menyatukan tatanan nilai pada kompetensi pengetahuan, dan kompetensi ketrampilan yang diaktualisasikan dalam sikap maupun watak Islami. Menurut Abdul Malik (2018:52) Tantangan Pendidikan Agama Islam di sekolah umum terletak pada cara penyampaian kompetensi inti dan kompetensi dasar agar mampu membentuk karakter siswa. Salah satu materi pokok PAIBP yang dipelajari oleh siswa kelas VI adalah Iman Kepada Qadha dan Qadar. Materi ini mencakup Kompetensi Dasar (KD) 3.5 Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.

Kegiatan pembelajaran PAIBP  di SDN 03 Menawan Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogab pada siswa kelas VI masih belum maksimal. Kegiatan pembelajaran yang terjadi hanya searah. Pada saat guru menyampaikan materi masih banyak siswa yang tidak mengikuti penyampaian materi  oleh  guru . Pada Pemahaman dan penguasaan materi dari siswa masih kurang dan siswa menjadi kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Dampak yang diperoleh bisa dijumpai pada penilaian harian masih banyak yang belum tuntas. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan memilih  metode pembelajaran yang menarik.

Baca juga:  Google Earth Bantu Siswa Kenali Kondisi Lingkungan

Quantum Learning adalah, strategi belajar yang dapat meningkatkan pemahaman dan daya ingat, serta menjadikan  belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat Menurut Hernacki (2011: 16) model Quantum Learning sangatlah mengesankan karena memberikan pengalaman baru kepada siswa yang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga materi yang diajarkan menjadi suatu hal yang menarik untuk dipelajari. Adapun langkah langkah pembelajaran Metode Quantum Learning adalah sebagai berikut : Pertama Guru menyampaikan tujua pembelajaran. Selanjutnya guru memberikan apresepsi seputar Qadha dan Qadar. Kedua, Guru memberikan informasi awal tentang definisi dari Qodho dan Qadar. Kemudian penjelasan materi, dan sementara itu siswa dapat menuliskan informasi penting yang mereka peroleh. Setelah itu siswa dibagi secara acak untuk berdiskusi. Guru memperdengarkan music instrumental disela sela siswa mengerjakan soal diskusi. Ketiga, kegiatan  praktik siswa dilakukan setelah  mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru pada lembar jawab, siswa dapat mengumpulkan informasi dan menamai hasil pengamatannya. Keempat, kesempatan diberikan kepada siswa untuk menunjukkan kemampuannya dalam mengerjakan latihan soal. Guru menunjuk kelompok secara acak agar salah satu perwakilan kelompok dapat mendemonstrasikan hasil diskusinya di depan kelas. Kelima, Pada tahap ini pengulangan  kembali secara singkat tentang materi Qodlo Qodhar agar siswa lebih memahami materi tersebut. Terakhir reward atau hadiah diberikan Guru bisa dalma bentuk  hadiah maupun skor nilai tertentu untuk merayakan keberhasilan pembelajaran dari siswa.

Baca juga:  Kegiatan Literasi Tingkatkan Minat Baca siswa

Pembelajaran PABP dengan model pembelajaran Quantum Learning pada siswa kelas VI SDN 03 Menawan Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan dapat mengembangkan dan melatih sikap, nilai dan keterampilan siswa. Siswa tidak hanya menguasai  materi yang diberikan guru, namun siswa dapat memahami yang dipelajari dan mampu menjawab serta menyelesaikan soal soal dengan baik. Dilihat dari ketuntasan klasikal hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 70,2% meningkat menjadi 83%, dengan demikian indikator keberhasilan telah tercapai dengan baik.

 

Muhamad Syaifudin,S.Pd.I

Guru PABP di SDN SDN 03 Menawan Kecamatan Klambu Grobogan


TERKINI

Rekomendasi

Lainnya