33 C
Semarang
Rabu, 15 Oktober 2025

Quizizz Tingkatkan Hasil Ulangan Harian Mapel Sejarah

PANDEMI Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini dirasakan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar secara daring akan memengaruhi hasil belajar peserta didik. Bapak Tukijo sebagai Pemateri dalam Diklat Online Quizizz KLG Jateng memaparkan, “Oleh karena pembelajaran daring, dibutuhkan berbagai terobosan model pembelajaran dan teknik pembelajaran dengan menggunakan media online serta aplikasi yang membantu dalam proses pembelajaran daring supaya siswa termotivasi”. Terdapat berbagai media pembelajaran yang disajikan dari berbagai instansi pemerintah maupun kreator digital yang dilakukan agar memotivasi pembelajaran bagi peserta didik dan mampu membuat proses pembelajaran yang menarik seperti halnya jika pada kondisi normal.

Demikian pula penulis, juga membutuhkan berbagai media pembelajaran yang menarik agar minat belajar peserta didik semakin baik. Penulis berharap semua materi harus disampaikan dan mampu memberikan pembelajaran maksimal oleh peserta didik dengan berbagai media. Pembelajaran Sejarah SMK hanya terdapat di kelas X semester 1 dan 2 yang terdiri dari 13 KD. Tujuan pembelajaran dari 3.1 sampai 3.13 yang diharapkan peserta didik mampu untuk menganalisis atau mendeskripsikan dari kompetensi yang harus dicapai.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan harus dicari perubahan yang menarik agar tujuan dan materi dapat tercapai secara optimal. Jika biasanya peserta didik diberikan tugas melalui WhatsApp Group (WAG) dengan beberapa pertanyaan, kemudian peserta didik menjawab dan mengirimnya kembali merupakan cara yang paling umum pada saat ini.  Namun sepertinya  cara ini sudah mulai membosankan, sehingga guru juga merasakan kesulitan untuk tetap dengan metode yang sama. Oleh karena itu guru harus mencari metode atau media lainnya supaya memotivasi peserta didik dalam pembelajaran agar tidak menurun atau bahkan hilang karena jenuh.

Baca juga:  Komik PJJ Tingkatkan Prestasi Peserta Didik

Guru sebagai fasilitator selain memaparkan materi juga memberikan penjelasan sekilas tentang metode dan indikator penilaian. Dalam penerapan kemampuan literasi digital saat ini perlu menciptakan pembelajaran daring agar menarik serta interaktif. Dalam proses pembelajaran yang digunakan sudah banyak memanfaatkan media online baik animasi maupun video. Untuk hasil belajar yang masih rendah dan proses penilaian yang tidak menarik merupakan masalah.  Peserta didik membutuhkan ketertarikan mereka pada tampilan yang mereka sukai. Salah satu cara yang penulis gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui aplikasi Quizizz.

Aplikasi tersebut adalah salah satu pilihan untuk metode pembelajaran yang menarik agar meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar Sejarah dan dapat meningkatkan efisiensi evaluasi serta memotivasi peserta didik karena senang dengan adanya permainan. “Aplikasi Quiziz tersebut membuat permainan interaktif dalam pembelajaran di kelas sehingga membantu guru untuk membuat pembelajaran interaktif, menarik apalagi dengan kondisi daring layaknya kompetisi permainan. Melalui Quizziz, para guru akan lebih mudah memperoleh grading dan analisis soal secara otomatis dan bisa diunduh langsung” ungkap Super Trainer Quizizz Indonesia, Bapak Solehuddin Al Ayyubi, S.Pd.

Baca juga:  Microsoft Power Point, Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Melalui Quizziz pula pekerjaan peserta didik akan aman dari ketidakjujuran karena soal yang didapat sudah teracak, waktu pengerjaan bisa diatur dengan baik, perangkingan langsung secara real time dan peserta didik bisa mengetahui soal dan kunci jawaban tersedia otomatis setelah selesai mengerjakan.

  Hasilnya, hampir 70% dari peserta didik menunjukkan ketertarikan dan termotivasi karena hasil evaluasi yang memuaskan terkirim dan mendapat respon dengan nilai dan arahan sesuai hasil dan indikator penilaian.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quizizz ini sangat membantu peserta didik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar meskipun secara daring.

Oleh : Sudarwati, S.Pd

Guru Sejarah SMK Negeri 1 Jati, Blora


TERKINI


Rekomendasi

...