spot_img
27.4 C
Semarang
Sabtu, 28 Juni 2025
spot_img

Model Picture And Picture Solusi Asyik pada PJJ

Tolak ukur keberhasilan penerapan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi tidak hanya dilihat dari mutu siswa, ada banyak factor pendukung keberhasilan diantaranya adalah kreativitas guru, dukungan orang tua dan lingkungan serta dukungan pemerintah terkait. Selama PJJ tidak dipungkiri jika penyerapan materi belajar sangatlah minim, hal ini menuntut guru untuk mencari solusi terbaik agar pembelajaran selama pandemic tetap berlangsung dan berhasil efektif dan memuaskan guru harus berfikir kreatif dan inovatif agar pembelajaran dapat terlaksana dan semuasiswa dapat memperoleh hasilnya.

 Awal dimulainya kegiatan PJJ guru mengalami banyak kesulitan dan kendala, karena siswa kelas rendah belum bisa belajar secara mandiri , sehingga ketercapaian hasil belajar sangatlah rendah. Berbekal dari dukungan orang tua yang sangat antusias dalam mendampingi putra putrinya sehingga PJJ dapat berjalan dengan lancar. Meskipun mengajar di kelas rendah guru dapat melakukan tatap muka virtual melalui aplikasi zoom dengan bantuan wali murid. Seperti halnya metode yang lain, zoom meeting merupakan salah satu opsi pada metode pembelajaran saat pandemic ini. Pada kesempatan tatap muka virtual pembelajaran tematik guru menggunakan model pembelajaran picture and picture, salah satu model pembelajaran yang memiliki ciri-ciri inovatif, aktif, kreatif dan menyenangkan.

Baca juga:  PBL Tingkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi di Masa PJJ

Model picture and picture merupakan suatu metode belajar yang menggunakan gambar yang dipasangkan atau diurutkan logis (Hamdani, 2011:89). Model picture and picture mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Suyatno (2004:81) menyatakan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan cepat dan tepat. Media gambar dapat merangsang siswa agar lebih termotivasi dan tertarik dalam pembelajaran . siswa dapat melihat secara langsung gambar yang akan dideskripsikan, sehingga siswa memperoleh kemudahan dalam kegitan menulis deskripsi.

Metode picture and picture pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapatmenjawab persoalan bagaimana belajar itu bermakna, menyenangkan, kreatif dan sesuai dengan realita yang ada serta lebih melibatkan peserta didik aktif belajar, baik secara mental, intelektual, fisikal maupun sosial. Dengan kesulitan guru di SD Negeri Gumelar khususnya di kelas III dalam menyelesaikan masalah pembelajaran di masa pandemi ini. Alhamdulillah dengan metode picture and picture bisa teratasi, sehingga pada pembelajaran tematik kelas III materi menuliskan deskripsi melalui metode pembelajaran picture and picture tersebut nampak mengalami peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa yang sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi 84% siswa mencapai hasil di atas KKM.

Baca juga:  Tingkatkan Pemahaman Sifacay dengan Media Sederhana

Oleh : NYAMI, S.PD.SD.

Guru SD Negeri Gumelar

 Kecamatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara

spot_img

TERKINI