Pengembangkan kesadaran siswa dalam konteks hubungan dengan orang lain di sekitarnya merupakan tujuan penerapan Pembelajaran IPS pada tingkat Sekolah Dasar. Kondisi sosial politik di lingkungan masyarakat diharapkan mampu dipahami siswa melalui materi pembelajaran IPS. Untuk itu mata pelajaran IPS sangatlah penting dalam menanamkan nilai sosial kepada mereka sejak dini. Kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang merupakan materi IPS Kelas IV pada Tema 8. Dalam materi ini dijelaskan pada Kompetensi Dasar (KD). 3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi, dan Kompetensi Dasar (KD) 4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
Permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran IPS kelas IV di SDN Tambakroto Kabupaten Pekalongan antara lain kurangnya kreativitas dalam pembelajaran. Aktifitas pembelajaran yang terjadi masih ala kadarnya. Sering dijumpai guru mengajar tanpa menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan media pembelajaran sebagai alat untuk mendukung penyampaian materi. Akibat yang ditimbulkan pada proses ini siswa menjadi pasif dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Permasalahan ini membawa dampak besar pada rata- rata capaian nilai siswa yang masih banyak di bawah KKM. Hal tersebut bisa diatasi dengan penggunaan metode pembelajaran yang menarik siswa .
Menurut Sudrajat (2016:21) Metode karyawisata adalah cara penyampaian materi dengan membawa siswa keluar dari lingkungan kelas sehingga mereka bisa langsung berinteraksi dengan objek belajar. Adapun manfaat penggunaan metode ini bisa memberikan pengalaman langsung kepada siswa, memberikan pengalaman mengenai kenyataan yang ada, dan dapat menambah wawasan guna mengembangkan aspek perkembangan sosial anak. Langkah pembelajaran metode Karya Wisata terdiri dari tiga tahap : Pertama, Perencanaan Karyawisata. Pada tahap ini guru merencanakan tujuan karya wisata, objek, waktu, dan skenario pembelajaran yang akan dilakukan. Kedua, Pelaksanaan Karya Wisata. Siswa dan guru melaksnakan pembelajaran di tempat karyawisata dengan bimbingan guru. Kegiatan belajar ini harus diarahkan kepada tujuan materi yang telah ditentukan yaitu siswa mampu mengamati, mencari tahu dan mendiskusikan tentang kegiatan ekonomi yang terdapat dalam suatu daerah. Ketiga, Tindak lanjut. Laporan dari siswa dituangkan secara tertulis tentang materi yang didapat pada saat karya wisata.
Metode pembelajaran karya wisata pada siswa kelas IV SDN Tambakroto Kabupaten Pekalongan pada Pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi dapat mengembangkan dan melatih sikap, nilai dan keterampilan siswa. Siswa langsung menerapkan konsep ekonomi yang sudah dipelajari lewat buku dan penjelasan guru secara langsung pada pusat kegiatan ekonomi yang ada dilingkungan sekitar. Selain itu siswa mampu memahami materi kegiatan ekonomi dengan baik berdasarkan apa yang mereka dapat secara langsung di lingkungan sekitar. Hasil belajar dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan rata rata nilai kelas dari 53,2% meningkat menjadi 82,7%, dengan demikian metode ini sangat efektif untuk digunakan karena siswa menjadi lebih senang dan bersemangat Ketika mereka terjun langsung untuk belajar dengan lingkungan sekitar.
Sugiyatno,SPd.SD
Guru Kelas IV di SDN Tambakroto Kab. Pekalongan