Penggunaan media pembelajaran memiliki manfaat agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Hal ini diketahui bahwa terkadang siswa merasa bosan jika sistem digunakan dengan metode ceramah. Jika diterapkan maka antara guru dengan siswa tidak ada interaksi. Sekarang ini tidak hanya siswa yang dituntut untuk mengetahui teknologi, guru juga harus bisa mengembangkan teknologi tersebut seperti media pembelajaran yang akan digunakan di kelas.
Pembelajaran berlangsung ketika ada komunikasi dan interaksi antara guru dengan siswa. Sekarang teknologi mampu mengembangkan pendidikan menembus ruang dan waktu yaitu siswa dapat mengakses pelajaran dengan mudah tidak hanya di dalam kelas melainkan bisa dimana saja dan kapan saja. SMP Negeri 1 Pageruyung juga malakukan penyesuaian pembelajaran dengan menggunakan teknologi terkinikan.
Salah satu media yang menjadi terobosan baru dalam pembelajaran yaitu e-learning. Media ini dapat diakses menggunakan jaringan internet, jadi program ini menjadi harapan pendidikan melalui sistem pendidikan jarak jauh (distance learning).
Sebagai alat bantu, media pembelajaran berfungsi sebagai jalan atau saluran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini berarti penggunaan media bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. Menurut Sudjana dan Ahmad (2010:6), peran media pembelajaran adalah: a) alat untuk memperjelas bahan pengajaran pada saat guru menyampaikan pembelajaran, b) alat untuk mengangkat atau menimbulkan persoalan untuk dikaji lebih lanjut dan dipecahkan oleh peserta didik dalam proses belajar mengajar, dan c) sumber belajar bagi peserta didik, artinya media tersebut berisikan bahan- bahan yang harus dipelajari para peserta didik baik secara individual maupun kelompok.
Sebagai guru mata pelajaran matematika di SMP N 1 Pageruyung Kab. Kendal menggunakan penerapan TIK salah satunya media pembelajaran berbasis aplikasi e-learning yaitu quipper school untuk pembelajaran di kelas IX. Â Menurut Daryanto (2010: 162), menjelaskan pengertian e-learning adalah sistem pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik sebagai alat untuk membantu kegiatan pembelajaran.
Pada media ini dijelaskan bahwa penggunaannya sangat membantu pada proses pembelajaran antara siswa dan  guru dimana fitur-fitur di dalam quipper school terdapat materi dan soal dengan memberikan pelatihan kepada siswa setiap jam pelajaran selesai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Guru juga tidak akan sibuk menilai tugas/soal siswa satu per satu, namun secara otomatis nilai siswa akan langsung terdeteksi sehingga pekerjaan guru lebih dimudahkan. Selain itu ada juga fitur forum diskusi jika masih ada pembelajaran yang kurang dipahami, begitu juga guru dapat melatih siswa untuk menyampaikan pendapat. Keaktifan siswa dapat dilihat ketika pengaruh media secara efektif digunakan guru dan siswa untuk saling memotivasi agar pembelajaran mencapai tujuan dan hasil belajar yang diinginakan.
Penggunakan aplikasi quipper school siswa dan guru tidak dituntut untuk memiliki komputer/laptop melainkan bisa dengan gadget/smartphone. Smartphone membantu seseorang dalam mengakses internet secara lebih mudah. Siswa dapat membuka materi pelajaran, mengakses informasi secara up to date dan mengerjakan penugasan yang diberikan oleh guru di luar jam pelajaran.
Hasil belajar tampak ketika ada terjadinya suatu perubahan tingkah laku pada diri siswa, yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk perubahan pengetahuan sikap dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat diartikan terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya, misalnya dari tidak tahu menggunakan quipper school kini siswa dan guru menjadi tahu bagaimana pengaruh penggunaan dan manfaat dari media tersebut.
Berdasarkan pengalaman, penulis  menyarankan penggunaan aplikasi quipper school untuk meningkatan motivasi dan keaktifan siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.
Sulistiyo Dyah Januariyanti, S.Pd
Guru Matematika SMP N 1 Pageruyung Kab. Kendal