Pendidikan merupakan bagian penting dalam mendukung pemerintah mewujudkan cita-cita bangsa. Melalui pendidikan bangsa Indonesia akan maju dan berkembang. Pendidikan tidak terlepas dari peran guru dan siswa. Guru harus berupaya secara maksimal agar siswa menerima pelajaran dengan mudah. Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit menurut siswa, apalagi dengan kondisi seperti ini, pembeljaran dilaksanakan secara online atau pembelajaran jarak jauh.  Oleh karena itu guru harus dapat mengemas pembelajaran matematika semenarik mungkin agar siswa – siswa tidak kesulitan dalam menerima pelajaran. Pelajaran matematika dirasa paling sulit terutama pada kompetensi dasar arimatika. Sehingga guru harus bisa mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa agar pelajaran menjadi mudah. Disini guru menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan mental aritmatika , penulis menggunakan media sempoa.
Sempoa menurut Priyani 9 dalam Prima & Siti, 2013:2) merupakan alat hitung tradisional seperti yang biasa digunakan di Jepang dan di Cina, berupa kotak segi empat yang dibagi menjadi dua bagian, atas dan bawah dengan manik-manik bernilai satu pada bagian bawah. Media sempoa adalah sebuah alat hitung sederhana yang pada mulanya terbuat dari kayu atau pada saat ini banyak terbuat dari plastik. Sempoa dapat digunakan untuk menghitung; penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan cara menggeser atau memindahkan manik-manik pada sebuah batang. Pada saat ini sempoa berbentuk cukup kecil dengan bingkai berbentuk segiempat panjang dan dapat digunakan dengan mudah untuk menggeser manik – manik dengan menggunakan jari tangan. Pada sempoa terdapat beberapa deret batang dimana manik – manik bergeser ke atas dan ke bawah. Setiap batang manik – manik mewakili bilangan yaitu bilangan satuan, puluhan, ratusan dan seterusnya ( Nurmalasari, 2013:43).
Program sempoa merupakan program yang digunakan untuk melatih konsentrasi siswa dalam berhitung. Pada dasarnya sempoa digunakan pada perhitungan aritmatika. Aritmatika merupakan ilmu dalam matematika yang mempelajari mengenai operasi – operasi dasar bilangan. Perhitungan dalam aritmatika dilakukan berdasar suatu urutan mengenai operasi yang mana yang lebih dahulu dikerjakan. Sekarang ini, siswa – siswa SMK, terutama siswa SMK N 1 Miri, Sragen sudah merasa takut atau trauma apabila menghadapi mata pelajaran aritmatika. Untuk mengatasi itu semua, penulis menggunakan media sempoa agar pembelajaran dapat diterima oleh siswa- siswa tanpa harus takut bahkan trauma.
Penulis dalam upaya meningkatkan mental aritmatika diimplementasikan pada  kelas XI  Multimedia SMK N 1 Miri, Sragen menggunakan media sempoa . Siswa – siswa menerima media sempoa dengan senang dan pelajaran menjadi mudah untuk dipahami. Penulis memberikan tugas aritmatika seminggu sekali agar pemahaman yang dimiliki siswa bertambah dan siswa berusaha untuk  belajar. Penulis langsung memberikan umpan balik kepada siswa – siswa dan mengoreksi hasil yang kurang benar. Akhirnya siswa –siswa mau tidak mau tertantang untuk semangat belajar. Pembelajaran melalui media sempoa dapat meningkatkan mental aritmatika, siswa yang dulu beranggapan bahwa aritmatika itu seperti hantu sekarang berubah menjadi pelajaran yang disenangi.
Dengan demikian pembelajaran dengan media sempoa tidak menjadi hambatan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru dapat menyampaikan materi dengan mudah  sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Siswa – siswa  khususnya kelas XI Multimedia SMK N 1 Miri , Sragen menjadi semangat untuk belajar aritmatika tanpa harus dipaksa.
Oleh:
Hartono,M.Pd
Guru Matematika, SMK N 1 Miri, Sragen