spot_img
27.4 C
Semarang
Sabtu, 28 Juni 2025
spot_img

Mengenal Binatang-Binatang Air Melalui Metode Resitasi

Format pembelajaran dalam pendidikan seketika mengalami perubahan sejak munculnya wabah Covid 19 diseluruh dunia termasuk Indonesia. Proses pembelajaran harus berubah meskipun terkadang masih banyak ganjalan. Proses pembelajaran yang sebenarnya dilakukan secara tatap muka, akhirnya harus dilaksanakan dengan jarak jauh dan dalam jaringan (daring). Pelaksanaan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring menimbulkan masalah baru yang tidak sedikit. Kesulitan pelaksanaan proses pembelajaran dialami oleh guru selaku pendidik.  Fenomena kesulitan pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara daring tidak hanya dirasakan beberapa guru, akan tetapi terjadi massif diseluruh daerah. Akumulasi kesulitan-kesulitan tersebut menyebabkan pelaksanaan proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan efisien. Selain hambatan internal, dampak ekternal pun muncul dari kalangan orang tua siswa yang turut mendampingi. Latarbelakang kemampuan orang tua siswa yang berbeda-beda dalam segala bidang, ekonomi, pendidikan, lingkungan masyarakatnya, bahkan pengetahuan tentang teknologi pendukung pembelajaran jarak jauh menimbulkan permasalahan yang lain.

Akan tetapi, semua problematika utama maupun turunanya terkait dengan dampak pandemi harus menjadi sebuah kesadaran bersama dan di selesaikan. Inovasi pembelajaran dituntut untuk berubah secara drastis menyesuaikan keadaan dan  perkembangan.  serta merta berubah menjadi guru innovator dadakan yang mengikuti perubahan  dan berusaha menemukan metode yang tepat, singkat, hemat dan berkualitas. Metode pembelajaran harus disesuaikan dengan masa pandemi yang tepat dan efektif. Beberapa metode pembelajaran dipelajari dan dipahami untuk nantinya dapat diaplikasikan kepada siswa sebagai sebuah jalan keluar. Pemanfaatan metode pembelajaran memperhatikan kesesuaian dengan tujuan dan prinsip dalam pembelajaran.

Baca juga:  Kuis Dengan Umpan Balik Pacu Motivasi Belajar Matematika

Wina Sanjaya (2011: 133) menyatakan pendapat bahwa perlu diperhatikan elevansinya dengan pencapaian tujuan pengajaran untuk memilih metode yang tepat. Ketika metode pembelajaran memenuhi prinsip-prinsip yang disyaratkan, semua metode pembelajaran bisa dikatakan baik. Salah satu metode yang dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi pendidikan anak usia dini adalah Resitasi atau Penugasan. Metode Resitasi atau penugasan cukup mudah dan praktis serta dapat menstimulan siswa dalam melakukan aktifitas belajar serta dapat disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Metode Resitasi atau penugasan  merupakan metode penyajian bahan, dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar yang dapat dilakukan dalam kelas, di halaman sekolah, di laboratorium, di perpustakaan dan pada  lingkungan sekolah lainnya yang mendukung dijelaskan oleh Djamarah dan Zain (2006: 85).

Penulis sebagai guru TK Adhyaksa lll Pemalang Kabupaten Pemalang turut menerapkan metode pembelajaran Resitasi pada pengenalan binatang air. Metode Resitasi atau penugasan kelebihan-kelebihan diantaranya adalah lebih merangsang siswa dalam melakukan aktivitas belajar individual maupun kelompok, mengembangkan kemandirian siswa di luar pengawasan guru, membina tanggungjawab dan disiplin siswa, serta mengembangkan kreatifitas siswa.

Baca juga:  Bermain Puzzel Tingkatkan Kemampuan Membilang Anak TK

Langkah-langkah pelaksanaan metode Resitasi pada proses pembelajaran dimasa pandemi adalah guru memiliki grup WA siswa atau orang tua siswa yang telah dibentuk sebelumnya. Sebelum pembelajaran, guru menempatkan materi pembelajaran pada aplikasi WA sebagai media sosial pendamping. Siswa atau orang tua siswa dapat mengakses materi dan di teruskan dengan membuat resitasi sesuai dengan pemahaman masing-masing. Setelah selesai resitasi  dari siswa dikumpulkan melalui grup WA sebelumnya. Guru mengecek dan memberikan penilaian terhadap hasil siswa. Dengan demikian pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan anak dapat menyerap materi dengan baik dan menuangkan pendapatnya dalam sebuah resitasi.

Penulis merasakan kenyamanan dalam memanfaatkan metode ini untuk pembelajaran. Siswa terutama anak usia dini tidak menemukan kesulitan karena orang tua juga melakukan pendampingan.

 

Ai Hasanah, S.Pd.AUD

TK Adhyaksa lll Pemalang Kabupaten Pemalang

spot_img

TERKINI