Pemahaman membaca merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, siswa harus dilatih dengan metode atau permainan yang dapat meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan permainan harta karun.
Materi pada KD 3.2 tentang mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana adalah materi yang terdapat pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar. Materi ini tergolong materi yang sangat sering berkaitan secara langsung baik dalam memahami materi bacaan ataupun materi yang lain. Apabila siswa mampu menguasai bacaan secara benar maka dampaknya akan sangat bagus dalam memahami materi pelajaran. Akan tetapi pada kenyataanya siswa sering merasa bosan dengan materi tersebut. Kondisi ini mengharuskan tindakan perbaikan untuk mengatasi kesulitan siswa, agar proses pembelajaran lebih berkualitas. Pemilihan metode ataupun permainan dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa mutlak diperlukan, agar materi pembelajaran dapat dipahami dengan baik.
Minat dan ketertarikan siswa Sekolah Dasar sangat erat dengan aktivitas permainan. Salah satu permaianan dalam pembelajaran yang dapat dipilih adalah permainan harta karun. Permainan harta karun adalah permainan yang dilakukan setelah siswa diberi kesempatan untuk memahami bacaan. Setelah siswa memahami bacaan biasanya akan mengalami kesulitan untuk mengungkapkan kembali isi bacaan tersebut. Karena itu perlu adanya bantuan agar siswa dapat termotivasi untuk mengingat kembali isi bacaan melalui suatu permaian.
Permaianan harta karun merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Membaca pemahaman adalah membaca bahan bacaan dengan menangkap pokok-pokok pikiran yang lebih tajam dan dalam, sehingga terasa ada kepuasan tersendiri setelah bahan bacaan itu dibaca sampai selesai (suhendar, 1992:27). Pembelajaran ini dipilih karena melibatkan keaktifan seluruh siswa, menarik, menyenangkan dan saling menyumbangkan pikiran dan bertanggung jawab terhadap pemahaman bacaan.
Setiap metode/permainan yang dipilih memiliki aturan ataupun langkah yang harus ditempuh, sehingga permainan tersebut mengarah pada tujuan yang harus dicapai. Adapaun langkah-langkah dalam pembelajaran yang menggunakan permainan harta karun khususnya pada materi mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana adalah 1) Siswa disajikan bacaan secara individu, 2) Siswa disajikan kartu kata yang ditulis dengan kata tanya apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Pelaksanaan permainan harta karun di masa pandemi tetap dapat dilaksanakan dengan dibantu oleh guru secara daring. 3) Siswa mencari tulisan tersebut kemudian mencocokan dengan jawaban yang sudah ditulis dalam kartu jawaban, yang merupakan jawaban dari pertanyaan apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. 4) Siswa mencari pasangan antara kartu kata apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Dengan cara seperti ini maka siswa akan lebih tertarik, tidak bosan dan dapat memahami bacaan. 5) Siswa menyampaikan isi bacaan berdasarkan pasangan kartu kata apa, dimana, siapa, mengapa dan bagaimana. Permaianan ini merupakan penggabungan antara ketrampilan memahami bacaan dan menyampaikan isi bacaan. Pada masa pandemi seperti saat ini, penyampaian isi bacaan atau presentasi dapat disampaikan melalui video. Dengan permainan harta karun ini siswa menjadi aktif, kreatif dan inovatif sehingga mampu meningkatkan kemampuan memahami bacaan pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar.
Oleh:
RETNO ANGRAENI, S.Pd
SD Negeri 3 Derik, Susukan, Kab.Banjarnegara