spot_img
27.4 C
Semarang
Sabtu, 28 Juni 2025
spot_img

Pembelajaran Praktikum Kimia Berbasis Inkuiri Berbantuan Flipped Classroom

Model Pembelajaran Inkuiri berasal dari kata inquire yang berarti ikut serta, atau terlibat, dalam mengajukan pertanyaan-petanyaan, mencari informasi, dan melakukan penyelidikan. Model Pembelajaran Inkuiri menekankan pada proses berfikir kritis dan analitis untuk mencari dan mengemukakan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Langkah pembelajaran meliputi (1) observasi (2) merumuskan masalah (3) merumuskan hipotesis (4) mengumpulkan data (5) menguji hipotesis (6) merumuskan kesimpulan (Wardani, 2016). Menurut International Society for Technologi in Education, menyatakan bahwa sebagai guru harus memiliki teknologi informasi yang luas, dengan demikian guru diharapkan mampu memfasilitasi dan mengapresiasi belajar yang kreatif dan inovatif. Akilinoglu, (2007) menyimpulkan bahwa model Pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap penguasaan konsep dan sikap pada pembelajaran sains

            Aktifitas inkuiri saat praktikum akan mencapai tujuan apabila dilaksanakan secara sitematis dan terstruktur melalui tahapan inkuiri. Mengingat salah satu kelemahan pembelajaran inkuiri pada pandemi.  yaitu proses pelaksanaannya sulit karena tidak bertatap muka, sehingga sulit melatihkan keterampilan bekerja di laboratorium. Keterampilan yang lama berupa sering mengalami kesulitan untuk menyesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan. Selanjurnya menurut Effendi-Hasibuan (2019) kendala yang dirasakan saat menerapkan pengajaran berbasis inkuiri di masa pandemi kurangnya waktu selama proses pembelajaran, dikarenakan langkah-langkah terlalu panjang. Kelemahan model pembelajaran ini dapat diminimalisir dengan bantuan pembelajaran daring, salah satunya adalah dengan pendekatan flipped classroom.

Pendekatan Flipped classroom merupakan kegiatan pembelajaran kelas terbalik yang dilakukan dengan membalikan instruksi pembelajaran yang diberikan sebelum kegiatan pembelajaran di kelas sehingga waktu di kelas dihabiskan untuk pembelajaran aktif di bawah bimbingan guru (Karlsson & Janson, 2016). Peserta didik telah mendapatkan kegiatan pembelajaran di rumah sebagai persiapan untuk kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran dapat berupa penugasan, latihan soal, membaca, praktik, dan tugas lainnya yang dilakukan di luar jam yang telah dijadwalkan.

Baca juga:  Peran Orang Tua dalam PJJ

Pembelajaran saat pandemi kreatifitas dan inovasi perlu disiapkan oleh pendidik agar memiliki kompetensi pedagogi, profesional, kepribadian, dan sosial. Selain itu pendidik juga harus kreatif, inovatif untuk menghasilkan berbagai karya inovatif dalam bidangnya.  Inovasi ataupun pembaharuan/perubahan bagi  pendidik  yang harus disiapkan bisa dalam bentuk metode, model, materi, asesmen, media, dan inovasi bagaimana cara belajar. Salah satu contoh pembelajaran inovatif adalah  melalui aktivitas inkuiri laboratorium berbantuan flipped classroom  yang dapat mengembangkan kecerdasan Interpersonal. Pembelajaran melalui aktivitas inkuiri laboratorium berbantuan flipped classroom dapat menjadi alternatif pembelajaran inovatif  untuk menyiapkan pembelajaran masa pandemi.

Oleh:

Suryanto Condro Kuncoro, S.Si

Guru Kimia, SMK N 1 Gesi

spot_img

TERKINI