spot_img
32.1 C
Semarang
Minggu, 29 Juni 2025
spot_img

Peranan BK dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi

Sejak pertengahan Maret 2020 Pemerintah kita membatasi seluruh kegiatan diluar masyarakatnya sebagai upaya memutus tali rantai penyebaran COVID-19 yang sedang menjadi wabah di negara tercinta ini. Hal inipun berdampak pada kegiatan dunia pendidikan. Kegiatan pembelajaran berubah dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara daring atau online. Pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet. Pembelajaran online dilakukan dengan jarak jauh yaitu kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan tidak bertatap muka secara langsung. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang leluasa dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya sehingga mengakibatkan kejenuhan dan mengurangi semangat belajar, kami sebagai guru bimbingan Konseling senantiasa berupaya untuk memotivasi belajar peserta didik agar tetap semangat walaupun pembelajaran dilaksanakan secara online sebagaimana yang kami lakukan di SMPN 2 Siwalan Kabupaten Pekalongan.

            Diera sekarang ini perkembangan teknologi informasi berkembang sangat pesat dan hampir semua lini termasuk dunia pendidikan memanfaatkannya diantaranya untuk memfasilitasi proses pembelajaran dengan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online. Menurut Patria. L..,& Yulianto K ( 2011 ) Pembelajaran online adalah pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi  internet dan dilaksanakan dengan sistem belajar jarak jauh. Melalui pembelajaran online materi pelajaran dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Pelaksanaan pembelajaran online ini memiliki dampak baik dan buruk dan salah satu dampak buruknya adalah kurangnya semangat belajar peserta didik, untuk itu perlu motivasi tersendiri sehingga peserta didik tetap semangat dalam belajar. Motivasi dapat diartikan kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu. Motivasi belajar menurut Novianti, N. R ( 2011 ) adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus menerus. Motivasi belajar yang rendah dapat berdampak negatif bagi peserta didik diantaranya menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar dan hal ini akan berpengaruh terhadap prestasi peserta didik. Dengan demikian motivasi belajar itu sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini dimana pembelajaran dilakukan secara online.

Baca juga:  Penguatan Pendidikan Karakter Melalui LISA Pada Mapel PPKn

Untuk itu kami sebagai guru Bimbingan Konseling berkewajiban untuk memberikan motivasi kepada peserta didik agar selalu semangat dalam belajar untuk meraih prestasi terbaik. Ada beberapa upaya yang kami lakukan untuk memotivasi belajar peserta didik dimasa pembelajaran online diantaranya adalah bekerja sama dengan guru mata pelajaran. Adapun yang dilakukan oleh kami selaku Bimbingan Konseling adalah dengan memantau dan meminta informasi kepada guru mata pelajaran tentang aktifitas keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Dari laporan guru mata pelajaran kita mengetahui peserta didik yang lemah dan membutuhkan perhatian dan motivasi untuk belajar. Pertama dengan cara menghubungi langsung peserta didik untuk menanyakan kesulitan yang dihadapi dalam mengikuti proses pembelajaran secara online. Setelah mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik kami mencoba memecahkan hal tersebut bersama dengan melibatkan peserta didik secara langsung maupun dengan guru mata pelajaran, selain itu kami juga melibatkan wali kelas bahkan orang tuapun dilibatkan dalam upaya memecahkan kendala belajar yang dialami oleh peserta didik maupun dalam pemberian motivasi belajar sehingga peserta didik dengan semangat mengikuti proses pembelajaran secara online.

Baca juga:  Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Augmented Reality

            Pemberian motivasi belajar sangatlah dibutuhkan oleh peserta didik dalam proses belajar apalagi dalam pembelajaran online yang menimbulkan rasa bosan . Untuk mengatasi kebosanan tersebut Bimbingan Konseling melakukan upaya dengan memotivasi belajar peserta didik. Dengan upaya pemberian motivasi belajar maka belajar onlinepun semakin bersemangat sehingga  prestasi belajarpun akan meningkat.

Oleh

Qonita Umi Sari, S.Pd

Guru BK SMPN 2 Siwalan  Kab.Pekalongan

spot_img

TERKINI